Meningkatkan Kesadaran Karyawan Front Office terhadap Environmental Management System pada Four Points By Sheraton Bali Kuta

Aishwarya, IG.A.A. Diony Azka and Triyuni, Ni Nyoman and Septevany, Elvira (2023) Meningkatkan Kesadaran Karyawan Front Office terhadap Environmental Management System pada Four Points By Sheraton Bali Kuta. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834091_0031126285_0026098907_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834091_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan environmental management system (EMS) pada front office department di Four Points by Sheraton Bali Kuta dan mengetahui kesadaran karyawan mengenai EMS pada department front office di Four Points by Sheraton Bali Kuta. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik saturated sampling (sampling jenuh) dengan total sampel sebanyak 30 responden dan informan sejumlah 1 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada responden menggunakan QR barcode dan penyebaran link. Hasil data dari kuesioner tersebut diolah dengan bantuan software SPSS 26 for windows. Teknik analisis data menggunakan frekuensi, mean, dan standar deviasi untuk mengetahui penerapan environmental management system (EMS) pada department front office di Four Points by Sheraton Bali Kuta dan teknik analisis korelasi digunakan untuk mencari sejauh mana kesadaran karyawan front office di Four Points by Sheraton Bali Kuta terkait penerapan EMS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan EMS pada department front office di Four Points by Sheraton Bali Kuta sudah cukup maksimal. Sementara hasil dari uji analisis korelasi menunjukkan bahwa kesadaran karyawan terhadap penerapan EMS pada department front office di Four Points by Sheraton Bali Kuta memiliki keeratan hubungan yang sedang dengan nilai koefisien korelasi 0,585.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: IG.A.A. Diony Azka Aishwarya
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:39
Last Modified: 11 Aug 2023 08:21
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item View Item