Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi pada Koperasi Se-Desa Yangapi, Kabupaten Bangli

Pramiyogi, Ni Komang Satya Ayuta and Yasa, Ida Bagus Anom and Sarjana, I Made (2023) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi pada Koperasi Se-Desa Yangapi, Kabupaten Bangli. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644176_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644176_0006036106_0031125981_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Efektivitas sistem informasi menggambarkan sejauh mana perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Efektivitas informasi sangat diperlukan untuk memperoleh suatu informasi yang cepat, lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi. Pada tahun 2023 ini ada 40 koperasi di Kabupaten Bangli yang dinyatakan sudah tidak aktif lagi hal ini dikarenakan oleh ketidak efektifan sistem informasi akuntansi pada koperasi. Adapun beberapa faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi diantaranya pemanfaatan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia, namun faktor yang mempengaruhi efektivitas sistem informasi akuntansi masih memiliki hasil penelitian berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pemanfaatan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi pada koperasi se-Desa Yangapi. Populasi pada penelitian ini yaitu 104 karyawan koperasi. Penentuan sampel dengan metode non probability sampling dengan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 104 responden. Data primer didapatkan dari kuesioner yang sudah disebarkan kepada karyawan koperasi se-Desa Yangapi. Variabel diuji menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pemanfaatan teknologi informasi dan variabel kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sistem informasi akuntansi pada koperasi se-Desa Yangapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Komang Satya Ayuta Pramiyogi
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:14
Last Modified: 12 Sep 2023 08:28
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item