Pengaruh Penerapan Sistem Just In Time Dan Total Quality Manajemen terhadap Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku pada Perusahaan Konveksi di Kota Denpasar

Pradnyana, I Wayan Arya and Ariana, I Made and Karman, I Wayan (2023) Pengaruh Penerapan Sistem Just In Time Dan Total Quality Manajemen terhadap Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku pada Perusahaan Konveksi di Kota Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_1915644111_62301_0013046807_0021016403_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_1915644111_62301_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingam bisnis antar perusahaan semakin ketat yang diiringi dengan pesatnya perkembangan ekonomi. Namun, dalam persaingan tersebut masih banyak perusahaan konveksi dalam kegiatan produksinya masih menggunakan sistem konvensional yaitu dengan menggunakan prediksi. Sehingga, pengendalian persediaan bahan baku kurang efektif. Hal itu akan menyebabkan risiko kerugian yang cukup tinggi karena adanya indikasi akan banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk persediaan sehingga sistem tersebut kurang efektif. Guna mengatasi permasalahan tersebut, penerapan metode just in time (JIT) dan Total Quality Management (TQM) adalah strategi yang tepat untuk pengendalian bahan baku dan efisiensi biaya bahan baku pada perusahaan manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode Just In Time (JIT) dan Total Quality Management (TQM) terhadap efisiensi biaya persediaan bahan baku pada perusahaan konveksi di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa kuesioner yang disebar kepada 30 responden yang terdiri dari direktur, kepala bagian produksi, manajer keuangan, staff produksi, dan staff persediaan bahan baku. Metode pengujian ini dilakukan dengan uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linear sederhana, uji regresi moderasi, uji koefisien determinasi, dan uji parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Total Quality Management berpengaruh positif secara signifikan terhadap efisiensi biaya persediaan bahan baku, Just In Time berpengaruh positif secara signifikan terhadap efisiensi biaya persediaan bahan baku. Kondisi tersebut dipengaruhi karena adanya kesadaran akan komitmen manajemen terhadap praktik pelaksanaan total quality management dan tepat pada waktunya dan adanya hubungan komunikasi, dan pertukaran informasi yang baik antara perusahaan dengan pemasok, karyawan dan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Wayan Arya Pradnyana
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:47
Last Modified: 12 Sep 2023 05:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10007

Actions (login required)

View Item View Item