Rancang Bangun Simulasi Sistem Pendingin Baterai Lithium-ion pada Kendaraan Listrik Berbasis PCM (Phase Change Material)

Sutrisna, I Made and Arsawan, I Made and Suart, I Made (2023) Rancang Bangun Simulasi Sistem Pendingin Baterai Lithium-ion pada Kendaraan Listrik Berbasis PCM (Phase Change Material). Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_21401_2015213073_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_21401_2015213073_0024107603_0021066608_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (519kB)

Abstract

Lithium-ion yang mulai berkembang menjadi sistem penyimpanan energi dari kendaraan listrik nyatanya memiliki beberapa permasalahan yang menghambat perkembangan kendaraan listrik. Permasalahan seperti pembatasan performa, biaya, masa pakai, dan juga keamanan dari baterai lithium-ion yang seluruhnya bergantung terhadap temperatur operasi baterai. Temperatur operasi yang hanya berkisar pada 25°C hingga 40°C untuk baterai lithium-ion dapat bekerja secara optimal, menyebabkan sangat dibutuhkannya sebuah sistem manajemen yang dapat menjaga temperature baterai dengan baik sehingga kendaraan listrik dapat bekerja pada performa terbaiknya. Proyek penelitian ini menyelidiki teknologi pendinginan untuk diaplikasikan pada baterai lithium ion secara efisien dan efektif. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendinginan berupa Phase Change Material (PCM) berupa campuran parafin, karbon bambu, dan titanium dioxide (TiO2). Prototipe sistem pendingin baterai ini dirancang dan dibangun agar dapat dievaluasi dan dikaji kineja pendinginan Phase Change Material (PCM) terhadap baterai lithium-ion, temperatur dan keunggulan ekonomis pada aplikasi sebagai sistem pendinginan baterai lithium-ion. Sistem pedingin ini dibangun di Laboratorium Mekanik, Politeknik Negeri Bali. Hasil dari penelitian ini mencakup model, desain, dan prototipe sistem pendingin baterai lithium-ion motor listrik menggunakan metode Phase Change Material (PCM) dan buku laporan proyek akhir yang komprehensif tentang teknologi yang diusulkan. Dengan menggunakan bantuan Phase Change Material maka membantu laju panas baterai lebih lambat. Kata kunci : Pendingin Baterai, Lithium-ion, Phase Change Material, Motor DC-Wipper.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Ilmu Keteknikan Industri > Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir
Depositing User: I Made Sutrisna
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:34
Last Modified: 12 Sep 2023 01:34
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item