Analisis Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pada Proyek Penggantian Jembatan Gatot Subroto Timur Denpasar

Sinarta, Ni Putu Anggita Putri Bali and Aryawan, I Gede Made Oka and Putra, I Gusti Putu Adi Suartika (2023) Analisis Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pada Proyek Penggantian Jembatan Gatot Subroto Timur Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_22302_1915124023_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_22302_1915124023_0004066609_0027069204_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (440kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan laju perekonomian kota Denpasar yang meningkat dan diiringi dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang pesat mengakibatkan meningkatnya kebutuhan pergerakan masyarakat. Untuk menunjang hal tersebut penggantian jembatan dilakukan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur. Kinerja ruas suatu jalan mengalami perubahan buruk akibat pembangunan. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui bagaimana pengaruh rekayasa lalu lintas terhadap kinerja ruas jalan pada proyek penggantian jembatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan metode survei. Analisis kinerja ruas jalan ini berpedoman pada (MKJI) tahun 1997 dan menggunakan parameter derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan jalan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, pada saat pelaksanaan proyek penggantian jembatan, jembatan Tukad Ayung pada ruas Jalan Gatot Suboto Timur memiliki nilai derajat kejenuhan di hari Sabtu, Minggu, dan Senin yaitu berkisar 0,99 – 1,26 tingkat pelayanan jalan termasuk dalam kelas E - F, pada saat jembatan beroprasi, jembatan Tukad Ayung pada ruas Jalan Gatot Suboto Timur memiliki nilai derajat kejenuhan di hari Sabtu, Minggu, dan Senin yaitu berkisar 0,20 – 0,30 tingkat pelayanan jalan termasuk dalam kelas A - B , persentase peningkatan pada saat proyek berlangsung dengan pada saat jembatan beroperasi di hari Sabtu, Minggu, dan Senin yaitu berkisar 66,04% – 67,27%. Kata kunci : Jembatan, rekayasa, kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Teknik
Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang
Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Anggita Putri Bali Sinarta
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:32
Last Modified: 12 Sep 2023 00:32
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

View Item View Item