Perhitungan Material Sisa Besi dan Kebutuhan Bekisting Dalam Pekerjaan Struktur di Proyek Promenade, Canggu, Badung, Bali

Satriyawan, Made Dwi Yudha and Purnawirati, I.G.A Neny and Parthama, Kadek Adi (2023) Perhitungan Material Sisa Besi dan Kebutuhan Bekisting Dalam Pekerjaan Struktur di Proyek Promenade, Canggu, Badung, Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_22401_2015113078_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan referensi)
RAMA_22401_2015113078_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pekerjaan struktur merupakan bagian penting dalam bidang konstruksi. Pekerjaan struktur meliputi pekerjaan pondasi, kolom, balok, dan lain-lain. Pada pekerjaan struktur tersebut tentu saja tidak lepas dengan material besi dalam pembuatan pembesian dan juga kayu dalam pembuatan bekisting, dimana material yang digunakan dalam pembuatan bekisting yaitu, kayu usuk dan juga Plywood. Pekerjaan pembesian dan juga pembuatan bekisting merupakan pekerjaan yang memerlukan perhitungan volume yang teliti sehingga dapat menghasilkan bahan sisa yang sedikit. Penilitian ini menghitung sisa bahan besi tulangan dan juga menghitung kebutuhan Plywood dalam pembuatan bekisting. Pada perhitungan besi tulangan ini menggunakan metode BBS (Bar Bending Schedule) pada program Microsoft Excel. Bar Bending Schedule dapat mengoptimalkan kebutuhan besi tulangan sehingga dapat mengurangi sisa potongan besi yang tersisa. Tujuan penilitian ini adalah untuk menghitung kebutuhan dan sisa bahan besi tulangan dan juga menghitung kebutuhan Plywood pada pekerjaan struktur sloof, kolom, dan balok di proyek The Promenade. Dari penilitian ini didapatkan hasil kebutuhan besi tulangan D13 sebanyak 211 batang, dan besi D10 sebanyak 2 batang, besi ø8 sebanyak 191 batang, besi ø10 sebanyak 17 batang. Lalu material sisa besi yang dihasilkan yaitu pada besi D13 sebesar 6,55%, besi D10 sebesar 44,17%, besi ø8 sebesar 2,33%, besi ø10 sebesar 10,97%. Kebutuhan Plywood dalam pembuatan bekisting pekerjaan sloof, kolom, dan balok diperlukan sebanyak 80 lembar Plywood.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D3 Teknik Sipil > Tugas Akhir
Depositing User: Made Dwi Yudha Satriyawan
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:58
Last Modified: 13 Sep 2023 01:58
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10061

Actions (login required)

View Item View Item