Efisiensi Biaya Konstruksi Melalui Penerapan Analisis Value Engineering Dengan Metode Paired Comparison Pada Proyek Restoran Sj 2.0 Badung

Alfauzi, Hendrik and Sudiasa, I Wayan and Triadi, I Nyoman Sedana (2023) Efisiensi Biaya Konstruksi Melalui Penerapan Analisis Value Engineering Dengan Metode Paired Comparison Pada Proyek Restoran Sj 2.0 Badung. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
HENDRIK ALFAUZI_22302_1915124049_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_1915124049_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penerapan analisis value engineering terhadapn pekerjaan dengan bobot biaya yang besar dapat berpengaruh terhadap penghematan suatu biaya konstruksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap item-item pekerjaan pada proyek Restoran SJ 2.0, teridentifikasi bahwa terdapat beberapa item pekerjaan dengan bobot biaya cukup besar. Oleh Sebab itu penulis memiliki maksud untuk melakukan kajian terhadap item-item pekerjaan yang memiliki bobot biaya yang cukup besar sehingga dapat dilakukan penghematan terhadap biaya tersebut dengan alternatif lain yang memungkinkan untuk menggantikan rencana awal. Item pekerjaan yang memiliki bobot biaya cukup besar pada proyek ini diantaranya terdapat pada pekerjaan beton dan pekerjaan dinding dan finishing. Pekerjaan tersebut selanjutnya dilakukan analisis value enginering dengan menggunakan metode paired comparison. Metode paired comparison dilakukan dengan menerapkan beberapa kriteria diantaranya biaya, mutu, waktu dan kemudahan pelaksanaannya. Berdasarkan hasil pengolahan data melalui metode paired comparison pada pekerjaan beton didapatkan alternatif lain yaitu dengan beton precast K-300 dengan penghematan biaya sebesar 1% dan pada pekerjaan dinding dan finishing didapatkan penghematan biaya sebesar 46% dengan menggunakan alternatif pasangan batako, plester semen campuran 1 PC : 5 PP dan Acian Semen Gresik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Hendrik Alfauzi
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:59
Last Modified: 13 Sep 2023 01:59
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10064

Actions (login required)

View Item View Item