Analisis Pengendalian Piutang untuk Meminimalisasi Risiko Piutang Tak Tertagih di Hotel Le Meridien Bali Jimbaran

Sari, Ni Made Kartika and Suandi, I Ketut and Mandia, I Nyoman (2023) Analisis Pengendalian Piutang untuk Meminimalisasi Risiko Piutang Tak Tertagih di Hotel Le Meridien Bali Jimbaran. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62401_2015613091_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_2015613091_0031126384_0006076110_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (910kB)

Abstract

Penjualan kredit merupakan strategi untuk meningkatkan laba perusahaan. Penjualan kredit dapat meningkatkan piutang yang dapat menyebabkan piutang tidak dapat ditagih apabila piutang tidak dikelola dengan baik. Pengendalian piutang diperlukan untuk menekan jumlah piutang yang tak tertagih serta dapat mengendalikan pengelolaan piutang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui analisis kredit pada Le Meridien Bali Jimbaran; 2) mengetahui dan menganalisis kebijakan kredit pada Le Meridien Bali Jimbaran; 3) mengetahui dan menganalisis kinerja pengelolaan piutang pada Le Meridien Bali Jimbaran. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis 5C, kebijakan kredit, dan rumus�rumus rasio keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan pengendalian piutang Le Meridien Bali Jimbaran belum berjalan dengan baik setelah dianalisis menggunakan tiga indikator. Pertama, analisis 5C pihak hotel melakukan empat dari lima analisis 5C. Kedua, realisasi dari standar pemberian kredit, standar invoicing, standar pembayaran kredit, serta standar penagihan dan pengumpulan piutang belum sepenuhnya sesuai dengan kebijakan kredit yang ditetapkan hotel. Ketiga, hasil pengelolaan piutang menggunakan rasio-rasio keuangan masih kurang baik karena hasil yang diperoleh belum sepenuhnya sesuai dengan standar yang ditetapkan hotel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Made Kartika Sari
Date Deposited: 12 Sep 2023 12:30
Last Modified: 13 Sep 2023 02:03
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10105

Actions (login required)

View Item View Item