Yanti, Ni Putu Wangi Trisna and Murni, Ni Gst Nym Suci and Rahayu, Ni Made Yeni Dwi (2023) Penanganan Guest Complaint oleh Waiter pada The Cafe Restaurant di Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas Nusa Dua, Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823342_0025056408_9990542089_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (798kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823342_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Manusia sebagai makhluk sosial, yang artinya dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhannya sendiri. Meskipun mempunyai kedudukan dan kekayaan, manusia selalu membutuhkan manusia lain. Hal ini merupakan suatu peluang atau kesempatan yang dimanfaatkan oleh pelaku industri pelayanan jasa seperti restoran dan hotel. Kebutuhan tamu yang dilayani akan terpenuhi dan pihak pengelola jasa mendapat imbalan atas pelayanan yang telah diberikan. Faktanya, proses pelayanan tidak selalu berjalan sesuai harapan. Complaint timbul pada saat tamu merasa tidak puas atas pelayanan maupun makan dan minuman yang dihidangkan. Kunjungan tamu yang tinggi berpotensi akan complaint. Sebagai seorang waiter harus dapat memberikan solusi dengan cara yang sebaik mungkin untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut. Penanganan complaint tidak bisa dilakukan sembarangan. Seorang waiter perlu mengatur strategi atau cara yang tepat sesuai dengan jenis permasalahan yang tamu hadapi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Putu Wangi Trisna Yanti |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:57 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10109 |
Actions (login required)
View Item |