Pelayanan Dinner Buffet oleh Waiter/ Waitress di The Café Restaurant pada Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas Nusa Dua Bali

Wartini, Ni Ketut and Pamularsih, Tyas Raharjeng and Yudiartawan, I Wayan (2023) Pelayanan Dinner Buffet oleh Waiter/ Waitress di The Café Restaurant pada Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas Nusa Dua Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_ 2015823359_199001132019032015_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (917kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_ 2015823359_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bali adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat terkenal hingga ke mancanegara, menjadikan Bali selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari seluruh dunia. Hal ini terbukti bahwa kunjungan wisatawan asing maupun wisatawan domestik ke Bali dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pertumbuhan pariwisata Bali yang semakin pesat menjadikan pariwisata sebagai sektor penting dalam menambah devisa negara dan juga membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang ada di Bali. Hotel merupakan perusahaan atau badan usaha yang menyediakan akomodasi dengan layanan jasa penginapan, pelayanan makan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya untuk digunakan oleh wisatawan yang melakukan perjalanan wisata. Secara umum hotel yang dibagun di Bali terletak di daerah yang strategis dimana daerah tersebut sudah menjadi tempat tujuan wisata yang terkenal. Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas merupakan salah satu hotel bintang lima di Bali. Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas berada di daerah Nusa Dua. The Mulia, Mulia Resort and Villas memiliki 8 Outlet Restaurant dan 3 Bar yaitu: The Cafe Restaurant, Edogin, Table 8, Soileil, Mulia Deli, Cascade Lounge, The Lounge, Living Room, Sky Bar, The Bar, dan Zjs Bar yang masing-masing restoran dan bar memiliki karakteristik yang berbeda-beda. The Café Restaurant adalah restoran utama yang ada di The Mulia Resort. The Café Restaurant dibuka untuk menyediakan breakfast, sunday lunch dan dinner. Untuk kapasitas dari The Café Restaurant mampu menampung 420 pax. Dinner buffet di The Cafe Restaurant menggunakan sistem buffet namun hanya menyediakan makanan saja dan belum termasuk minuman, dalam artian tamu bebas mengambil makanan yang sudah disediakan di meja buffet sedangkan minumannya dipesan tersendiri oleh tamu menggunakan a’la carte service. Waiter/waitress yang in charge saat itu akan langsung membawakan drink list atau menjelaskan pada tamu mengenai scan QR code yang ada diatas meja untuk melihat menu minuman yang ada di restaurant. Dengan harga buffet Rp.653.000/pax yang tidak include minuman ada beberapa tamu yang merasa kecewa karena tamu sudah bayar mahal untuk dinner buffet di The Café Restaurant. The Café Restaurant menyediakan kualitas dan pelayanan yang terbaik kepada tamu. Semua pelayanan yang diberikan kepada tamu di The Cafe Restaurant sangat diperhatikan sehingga interaksi waiter/waitress dengan tamu jauh lebih banyak.Adapun rumusan masalah dalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu Bagaimana cara memberikan pelayanan Dinner Buffet Oleh Waiter/ Waitress di The Café Restaurant Pada Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas Nusa Dua Bali. dan Apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi saat melayani tamu dinner buffet di The Café Restaurant Pada Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas Nusa Dua Bali. Tugas Akhir ini dibuat dengan menggunakan metode wawancara,observasi dan keperpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Ketut Wartini
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:00
Last Modified: 15 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item