Pengaruh Penggunaan Transaksi Cashless, Persepsi Kemudahan Aplikasi Belanja Online, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millenial

Kaniska, Ang Kansya Jeannita and Putri, Wayan Tari Indra and Dwijayanti, Ni Made Ayu (2023) Pengaruh Penggunaan Transaksi Cashless, Persepsi Kemudahan Aplikasi Belanja Online, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millenial. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644174_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644174_0027129201_0024027908_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (901kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dapat memudahkan masyarakat untuk meringankan pekerjaan mereka. Masyarakat yang dulunya hanya mengenal uang tunai, kini mengenal pembayaran non tunai. Perilaku konsumtif ialah keinginan individu untuk membelinya tanpa batas dan tanpa melihat pertimbangan yang rasional namun untuk memenuhi hasrat kesenangan semata. Faktor-faktor yang menimbulkan perilaku konsumtif ialah transaksi cashless, kemudahan aplikasi belanja online, gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transaksi cashless, persepsi kemudahan aplikasi belanja online, gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Lokasi penelitian ini di Politeknik Negeri Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Politeknik Negeri Bali dan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna aktif transaksi cashless dan aktif menggunakan aplikasi belanja online di Politeknik Negeri Bali sebanyak 100. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji t dan Uji Koefisien Determinasi. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa transaksi cashless berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, persepsi kemudahan aplikasi belanja online berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, dan gaya hidup penggunaan teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Besarnya pengaruh variabel transaksi cashless, persepsi kemudahan aplikasi belanja online, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif adalah 53%. Kontribusi hasil penelitian ini ialah memberikan gambaran bahwa Bagi Politeknik Negeri Bali diharapkan agar terus berupaya memberikan pendidikan dan kesadaran tentang pengelolaan keuangan yang bijaksana bagi mahasiswa melalui berbagai cara, seperti seminar, lokakarya, atau sumber daya online. Mahasiswa diajarkan cara membuat anggaran, menyusun rencana keuangan, menabung, dan berinvestasi dengan bijaksana, generasi milenial hendaknya selalu memanfaatkan dengan baik aplikasi belanja online, melakukan pengelolaan dengan baik agar terhindar dari perilaku konsumtif yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ang Kansya Jeannita Kaniska
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:48
Last Modified: 13 Sep 2023 06:48
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item View Item