Analisis Pengendalian Internal atas Pembayaran Dana Pensiun Pegawai Negeri Sipil pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar

Mandarika, Ni Wayan and Arsana, I Made Marsa and Suprapto, Putu Adi (2023) Analisis Pengendalian Internal atas Pembayaran Dana Pensiun Pegawai Negeri Sipil pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_2015613059_0018106206_0010018605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_62401_2015613059_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan pengendalian internal terhadap pembayaran dana pensiun pegawai negeri sipil pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar. Sumber data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan komponen pengendalian internal terdiri atas lingkungan pengendalian, peneliaian resiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, dan pemantauan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan permasalahan yang ada di dalam suatu perusahaan dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh yang berkaitan dengan sistem pengendalian internal atas pembayaran dana pensiun pegawai negeri sipil. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pengendalian internal terhadap pembayaran dana pensiun yang diterapkan oleh PT. Taspen (Persero) Denpasar belum sepenuhnya sesuai dengan kerangka pengendalian internal menurut COSO. Hal tersebut dibuktikan dengan masih ditemukannya keterlambatan pada proses pembayaran gaji oleh pegawai akibat pelaksanaan aktivitas pengendalian pada pemisahan tugas belum dilaksanakan dengan baik dikarenakan masih adannya perangkapan tugas karyawan, yaitu karyawan pada bagian administrasi keuangan yang merangkap tugas menjadi bagian dosir serta bagian Customer Service juga melakukan perhitungan hak pensiun dimana hal tersebut seharusnya dilakukan oleh bagian kepesertaan serta keterlambatan gaji yang dibayarkan oleh mitra bayar PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar akibat dari adanya keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Perusahaan serta belum efektifnya informasi dan komunikasi yang mengakibatkan nasabah komplain dengan keterlambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Wayan Mandarika
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:16
Last Modified: 13 Sep 2023 02:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item