Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure dan Rotasi Audit terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017–2021)

Arimbawa, I Kadek Yudi and Pratiwi, Ni Made Wirasyanti Dwi and Suprapto, Putu Adi (2023) Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure dan Rotasi Audit terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017–2021). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644012_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644012_0015018104_0010018605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (774kB)

Abstract

Kualitas audit adalah kemampuan auditor dalam mengidentifikasi dan menemukan salah saji material serta kesediaan untuk mengungkapkan kesalahan tersebut dalam laporan keuangan auditan, dimana dalam pelaksanaan kewajibannya tersebut tentunya auditor harus menggunakan standar-standar audit yang berlaku dan kode etik akuntan publik. Namun, dalam prakteknya masih terdapat kasus ketidakprofesionalan yang melibatkan auditor. Terdapat beberapa indikasi yang menyebabkan terjadinya ketidakprofesionalan auditor tersebut antara lain fee audit, audit tenure dan kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fee audit, audit tenure dan rotasi audit terhadap kualitas audit. Kualitas audit diukur menggunakan variabel dummy dengan Earning Surprise Benchmark (ESB) yang dikelompokkan menjadi kualitas audit tinggi dan kualitas audit rendah, fee audit diukur dengan Ln (logaritma natural), audit tenure diukur dengan jumlah tahun dimana akuntan publik yang sama dalam melakukan masa perikatan terhadap klien, dan rotasi audit diukur dengan variabel dummy. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan dan laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode porposive sampling dan mendapat sampel sebesar 215 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fee audit berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan audit tenure dan rotasi audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Kadek Yudi Arimbawa
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:09
Last Modified: 13 Sep 2023 05:09
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item