Perhitungan Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pemancangan Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Hydraulic Static Pile Driver (Hspd) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Tsunami Shelter Kuta)

Pradipta, Made Ranaswangga and Mudhina, Made and Purnawirati, I Gusti Ayu Neny (2023) Perhitungan Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pemancangan Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Hydraulic Static Pile Driver (Hspd) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Tsunami Shelter Kuta). Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_22401_2015113029 full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover- Bab 1, Bab 5 dan referensi)
RAMA_22401_2015113029_0002036204_0026089004 Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Proyek konstruksi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membuat sesuatu bangunan sesuai dengan rencana, kualitas, biaya dan waktu yang telah ditentukan. Salah satu studi kasus yaitu pada proyek pembangunan Tsunami Shelter Kuta. Proyek berupa gedung yang modern ini memiliki luas bangunan (225 m2) yang terletak di bibir pantai Kuta. Proyek tersebut awalnya direncanakan menggunakan pondasi bore pile, karena kondisi tanah dan situasi lingkungan yang kurang memadai merubah perencanaan tersebut menggunakan pondasi tiang pancang menggunakan Hydraulic Static Pile Driver (HSPD). Tujuan dan manfaat dari penelitian adalah mengetahui metode pelaksanaan serta mengetahui biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan pemancangan pondasi tiang pancang menggunakan Hydraulic Static Pile Driver (HSPD) pada situasi dan kondisi di pantai Kuta. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Pembahasan pada penelitian ini terdiri dari tahap perhitungan waktu pelaksanaan pekerjaan pemancangan yang diperoleh langsung di lapangan dan biaya pelaksanaan pekerjaan pemancangan yang menggunakan harga satuan dari subkon. Penulis memperoleh waktu selama 243,88 jam dan memperoleh biaya sebesar Rp1.350.263.040 (Satu Miliar Tiga Ratus Lima Puluh Juta Dua Ratus Enam Puluh Tiga Ribu Empat Puluh Rupiah) untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan pemancangan. Dimulai dari pekerjaan preboring hingga pemancangan pondasi tiang pancang sebanyak 89 titik. Kata kunci : Pemancangan, Hydraulic Static Pile Driver (HSPD), Biaya, Waktu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D3 Teknik Sipil > Tugas Akhir
Depositing User: Made Ranaswangga Pradipta
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:01
Last Modified: 13 Sep 2023 06:01
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item