Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Transfer Pricing terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Rahmadhani, Cindi Eka and Sukasih, Ni Ketut and Sudiartha, I Ketut (2023) Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Transfer Pricing terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644158_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644158_0026026603_ 0017076010_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan sektor pertambangan merupakan penyumbang utama dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan berpotensi menghasilkan pemasukan pajak yang tinggi. Selama Januari hingga November 2022 harga produk produk pertambangan mengalami kenaikan. Pertumbuhan penjualan menjadi tolak ukur suatu perusahaan untuk melihat apakah perusahaan tersebut mendapatkan laba. Suatu perusahaan yang memiliki tingkat penjualan pertumbuhan dan mendapatkan laba diindikasikan akan melakukan praktik penghindaran pajak. Praktik penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan multinasional adalah teknik manipulasi transfer pricing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan dan transfer pricing terhadap tax avoidance pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan sumber data sekunder yang didapat dari laporan keuangan. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan, secara parsial pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, namun transfer pricing secara parsial berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Sedangkan, secara simultan pertumbuhan penjualan dan transfer pricing berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Cindi Eka Rahmadhani
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:50
Last Modified: 15 Sep 2023 02:50
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10254

Actions (login required)

View Item View Item