Implementasi Chatbot Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pengawasan dan Diagnostik Kepada Pelanggan untuk Layanan di PT PLN (Persero)

Utami, Ria Riski and Sunaya, I Gusti Agung Made and Wiryawan, I Made Aryasa (2023) Implementasi Chatbot Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pengawasan dan Diagnostik Kepada Pelanggan untuk Layanan di PT PLN (Persero). Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_20403_2015313076_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_20403_2015313076_0016066411_0004046513_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Chatbot merupakan sebuah akun resmi dari suatu instansi yang memiliki fitur untuk mengirimkan pesan secara otomatis dengan kata kunci yang telah ditentukan Sistem chatbot dapat digunakan oleh pelanggan ataupun petugas pemeliharaan sebagai upaya untuk melakukan pelaporan secara digital terkait dengan kendala yang terjadi pada pelanggan. Dalam penelitian ini membahas mengenai permasalahan media komunikasi yang dapat di gunakan oleh pelanggan ketika memiliki kendala terhadap penggunaan listrik. Alasan membuat media komunikasi menggunakan chatbot yaitu sistem komunikasi yang digunakan oleh PT PLN (Persero) kurang komprehensif dalam menangani masalah keluhan pelanggan.Gagasan ini merupakan orisinal sebab chatbot belum pernah ada di PT PLN (Persero). Proses pembuatan sistem chatbot menggunakan hardware berupa smartphone serta software yakni WhatsApp dan sistem Autoresponder. Dalam proses pengujian sistem, peneliti melakukan dua metode pengujian menggunakan confusion matrix. Pada metode pertama pengujian sistem dilakukan dengan cara mengirimkan pesan secara berulang. percobaan pada masing-masing kata kunci yang telah tersedia dan mendapatkan hasil rata-rata berdasarkan perhitungan accuracy, precision, dan recall sebesar 100%. Sedangkan, pengujian metode kedua dilaksanakan dengan menggunakan 10 orang responden yang mengirimkan pesan secara bersamaan dalam satu waktu dan mendapatkan hasil rata-rata berdasarkan atas perhitungan accuracy, precision, dan recall sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Elektro
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > Prodi D3 Teknik Listrik > Tugas Akhir
Depositing User: Ria Riski Utami
Date Deposited: 14 Sep 2023 11:41
Last Modified: 14 Sep 2023 11:41
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item