Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Denpasar

Wiharni, Ni Luh Komang Ari and Sudiartha, I Ketut and Astawa, I Putu Mertha (2023) Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62401_2015613150_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_2015613150_0017076010_0017036208_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (684kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem klaim jaminan hari tua yang diberikan oleh Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Jaminan hari tua adalah salah satu bentuk perlindungan sosial yang penting bagi pekerja dan buruh di Indonesia. BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk menyediakan jaminan sosial kepada peserta yang memenuhi syarat. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pimpinan , peserta yang melakukan klaim, staf pegawai BPJS ketenagakerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem klaim jaminan hari tua ini belum sesuai dengan peraturan yang ada,dan pemanfaatan di kantor masih belum efektif. Masih banyaknya peserta yang mengklaim jaminan hanya ke kantor cabang padahal selain mengklaim di kantor peserta bisa mengklaim secara online. Perhitungan saldo jaminan lebih baik dilakukan di usia tua dari pada di usia muda, sesuai dengan manfaat yang menunjang hari tua seperti ketersediaan dana pensiun yang dapat membantu peserta setelah pensiun. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa masalah, seperti proses klaim yang kompleks dan lamanya waktu penyelesaian klaim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi Akuntansi > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Luh Komang Ari Wiharni
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:55
Last Modified: 15 Sep 2023 03:55
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item