Penanganan Lunch Service di Restoran Jimbarwana Hotel Jembrana

Saputra, I Komang Dedi and Sadguna, I Gde Agus Jaya and Mahardika, I Made Ojes (2023) Penanganan Lunch Service di Restoran Jimbarwana Hotel Jembrana. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823365_00100228504_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (769kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823365_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan rangkaian aktivitas dan kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh perorangan, kelompok atau keluarga ke suatu tempat secara sementara dengan tujuan mencari ketenangan, kedamaian, keseimbangan, keserasian dan kebahagiaan jiwa. Pariwisata didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. Pariwisata merupakan fenomena kebutuhan akan kesehatan dan pergantian suasana, penilaian yang sadar dan menumbuhkan (cinta) terhadap keindahan alam dan khususnya bertambahnya pergaulan berbagai bangsa dan kelas masyarakat. Pariwisata adalah kegiatan seseorang yang bepergian atau tinggal di suatu tempat di luar lingkungannya yang biasa dalam waktu tidak lebih dari satu tahun secara terus menerus, untuk kesenangan, bisnis ataupun tujuan lainnya Di Indonesia, pariwisata merupakan salah satu sektor usaha yang sangat vital. Sektor usaha ini kemudian didukung oleh salah satu bidangnya yang sangat penting, yaitu perhotelan. Perhotelan merupakan bagian dari pariwisata yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa kegiatan kepariwisataan, usaha perhotelan akan lumpuh. Sebaliknya pariwisata tanpa sarana akomodasi merupakan suatu hal yang tidak mungkin. Hotel secara umum adalah bangunan yang memiliki banyak kamar untuk disewakan menjadi tempat menginap serta daerah makan orang yang sedang dalam perjalanan. Supaya sebuah bangunan bisa dikatakan hotel bintang 1, setidaknya bangunan harus memiliki 15 kamar dengan luas masing-masing seminimalnya 20 meter persegi. Selain kawasan untuk menginap, hotel umumnya mempunyai banyak sekali fasilitas penunjang untuk para penginap, misalnya restaurant, spa, kolam renang serta ruang pertemuan. Beberapa outlet yang menyediakan makanan dan minuman di Jimbarwana Hotel salah satunya adalah Jimbarwana restaurant yang berdiri di bawah naungan food and beverage service. Penyedia makanan dan minuman di hotel tidak dapat dipisahkan dari pihak yang bertanggung jawab dalam hal ini yakni waiter. Ada beberapa waiter yang bertanggung jawab di restoran Jimbarwana Hotel yaitu 2 staff waiter. Selain itu Jimbarwana Hotel memiliki jenis service yang ditawarkan kepada para klien yaitu Lunch Service, yang dilaksanakan dari pukul 11:00 wita sampai dengan pukul 13:00 wita yang mengaplikasikan Buffet service. Buffet atau self service. Dengan menu Indonesia yang ditawarkan, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Komang Dedi Saputra
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:15
Last Modified: 15 Sep 2023 06:15
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item