Implementasi Employee Green Behavior dalam Meningkatkan Kinerja Lingkungan oleh Human Resources Department di Jimbaran Puri A Belmond Hotel Bali

Pratiwi, Antika Andarista and Sudiarta, Made and Armoni, Ni Luh Eka (2023) Implementasi Employee Green Behavior dalam Meningkatkan Kinerja Lingkungan oleh Human Resources Department di Jimbaran Puri A Belmond Hotel Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834023_0006126808_0026106308_PART.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (445kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834023_FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi serta pengaruh dari implementasi Employee Green Behavior sebagai salah satu bagian dari praktik Green Human Resource Management (GHRM) dalam mendukung kinerja lingkungan di Jimbaran Puri A Belmond Hotel Bali. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode proportionate stratified random sampling dan wawancara dengan Human Resources Manager Jimbaran Puri A Belmond Hotel Bali. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada karyawan Jimbaran Puri A Belmond Hotel Bali. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang diolah melalui program SPSS versi 26.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa praktik dari employee green behavior memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kinerja lingkungan yang di dapat dari hasil uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis t dimana selanjutnya untuk besar pengaruh employee green behavior tersebut didapat dari hasil koefisien determinasi. Uji hipotesis t diperoleh perbandingsn t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis berpengaruh. Implementasi employee green behavior memiliki kontribusi yang berpengaruh positif yang cukup signifikan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini., seperti praktik lain yang terdapat dalam Green human resources management yaitu green recruitment, green reward and compensation, dan green performance appraisal yang mempengaruhi perilaku ramah lingkungan karyawan. Implementasi employee green behavior tersebut membantu karyawan dalam memahami masalah lingkungan serta penanggulangannya dan menambah wawasan mereka terhadap lingkungan, sehingga employee green behavior ini harus tetap dilaksanakan dan dikembangkan agar dapat memotivasi karyawan untuk berperilaku ramah lingkungan agar kinerja lingkungan tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Antika Andarista Pratiwi
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:15
Last Modified: 22 Sep 2023 01:15
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item