Analisis Dampak Perubahan Pelayanan Lalu Lintas Akibat Adanya Pelabuhan Sanur Terhadap Kinerja Ruas Jalan Bypass Ngurah Rai Dari Simpang Padang Galak Hingga Simpang Kfc Sanur

Gangga, Ida Bagus Bhisma and Aryawan, I Gede Made Oka and Wahyudi, I Gede Bambang (2024) Analisis Dampak Perubahan Pelayanan Lalu Lintas Akibat Adanya Pelabuhan Sanur Terhadap Kinerja Ruas Jalan Bypass Ngurah Rai Dari Simpang Padang Galak Hingga Simpang Kfc Sanur. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
IDA BAGUS BHISMA GANGGA_22302_2215164037_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
IDA BAGUS BHISMA GANGGA_22302_2215164037_0004066609_0030098607_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (367kB)

Abstract

Peningkatan jumlah wisatawan di Bali yang berdampak pada kepadatan lalu lintas, terutama di daerah sekitar Pelabuhan Laut Sanur yang baru dibangun. Kemacetan parah yang terjadi di ruas jalan Simpang Padang Galak - KFC Sanur, terutama pada jam-jam puncak. Oleh sebab itu, penelitian ini tercipta dengan tujuan menganalisis kinerja ruas jalan Simpang Padang Galak - KFC Sanur setelah beroperasinya Pelabuhan Laut Sanur, mengidentifikasi penyebab kemacetan di ruas jalan tersebut, memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : observasi lapangan untuk menghitung volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan, analisis data menggunakan MS Excel dengan pedoman MKJI 1977, kajian literatur untuk mengkaji solusi-solusi yang telah diterapkan di tempat lain. Hasil penelitian menunjukkan : tingkat pelayanan jalan di ruas Simpang Padang Galak - KFC Sanur Setelah beroperasinya Pelabuhan Laut Sanur, yaitu D, tingkat pelayanan ruas jalan masih sama seperti sebelum adanya Pelabuhan Laut Sanur, yaitu: D, dengan derajat kejenuhan meningkat menjadi 0,80 (kurang baik), Dan kapasitas ruas jalan yang menurun sebanyak 3,19%, dari yang sebelumnya sebesar 5.832 smp/jam menjadi 5.646 smp/jam, untuk memperbaiki kinerja ruas jalan, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah pengalihan arus rute pintu masuk Pelabuhan Sanur melalui Jalan Pantai Padang Galak. Kemacetan di ruas jalan Simpang Padang Galak - KFC Sanur perlu segera diatasi agar tidak semakin parah. Solusi yang diusulkan dalam penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan lalu lintas di kawasan tersebut. Kata kunci: Kemacetan, kinerja jalan, Pelabuhan Laut Sanur, Simpang Padang Galak - KFC Sanur, solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Ida Bagus Bhisma Gangga
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:47
Last Modified: 28 Mar 2024 05:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item