Analisis Kelayakan Investasi Properti Pembangunan Ruko Dengan Sistem Bangun Bagi Studi Kasus: Ruko Angkringan Panjul, Denpasar Timur

Rani Aulia, Ni Putu Denisa and Dwipa R.S., I G.A.G. Surya Negara and Parwita, I Gst. Lanang Made (2023) Analisis Kelayakan Investasi Properti Pembangunan Ruko Dengan Sistem Bangun Bagi Studi Kasus: Ruko Angkringan Panjul, Denpasar Timur. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_22302_2215164031_0020087104_0028106408_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (242kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_22302_2215164031_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan investasi dalam bidang properti setiap tahun meningkat terutama di Indonesia dikarenakan investasi dalam bidang properti yang menjanjikan dipicu karena rendahnya suku bunga, meluapnya permintaan terhadap properti yang diinginkan, dan harga tanah yang setiap tahun mengalami peningkatan antara 15-20 persen yang peningkatan tersebut dikarenakan permintaan pasar yang membutuhkan hunian tempat tinggal. Analisis Kelayakan Investasi Properti Pembangunan Ruko dengan Sistem Bangun Bagi bertujuan untuk menganalisis suatu investasi ruko karena umumnya disebabkan oleh sistem penyewaan ruko di Bali khususnya kota Denpasar menggunakan sistem bangun bagi yaitu proses kerja sama antara kedua belah pihak yang saling menguntungkan pemilik tanah hanya mengeluarkan modal berupa tanah sebagai lokasi pembangunan ruko sedangkan seluruh biaya lain ditanggung oleh investor. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang berarti pemaparan masalah yang ada pada saat ini disertai dengan hitungan, sedangkan analisis berarti menggunakan fakta atau informasi yang telah tersedia kemudian informasi tersebut disusun, dijelaskan, dan dianalisis. Dari hasil penelitian ini mengenai perhitungan kelayakan investasi pembangunan ruko menggunakan beberapa metode yaitu metode NPV (Net Present Value), metode BCR (Benefit Cost Ratio), metode IRR (Internal Rate of Return), dan PP (Payback Period) menunjukkan nilai yang positif sehingga dapat dikatakan layak dilakukan. Juga dapat ditunjukan bahwa menggunakan dana pribadi seluruhnya dapat dikatakan lebih layak jika dibandingkan dengan menggunakan dana pinjaman di bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Denisa Rani Aulia
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:40
Last Modified: 03 Apr 2024 04:40
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item