Ganggas, I Gede Brama Reno and Darlina, Lien and Wendri, I Gusti Made (2022) Penerapan Green Practice dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department di Prama Sanur Beach Hotel. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834100__Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834100_0008126605_0023095811_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan green practice dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan front office department di Prama Sanur Beach Hotel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan green practice pada front office department dan untuk mengetahui indikator pelayanan green practice yang perlu untuk ditingkatkan dan dipertahankan pada front office department di Prama Sanur Beach Hotel. Metode penggumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan total sampel sebanyak 75 responden dan informan sejumlah 1 orang. Teknik analisis data menggunakan uji servqual (service quality) dan importance performance analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan green practice dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan front office department sudah dilaksanakan dengan maksimal yang ditunjukkan dengan adanya gap pada skor uji servqual yakni dari 16 indikator pertanyaan menghasilkan 14 gap (+) dan 2 gap (-), dan hasil dari uji importance performance analysis (IPA) menunjukkan terdapat 2 indikator yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya yaitu indikator 1 (Efesiensi penggunaan pencahayaan di area lobby) dan indikator 2 (Edukasi mengenai program green practice yang diberikan oleh karyawan). Serta terdapat 9 indikator yang perlu untuk dipertahankan kualitas pelayanananya oleh front office department yaitu indikator 3 (Fasilitas yang disediakan mengurangi penggunaan berbahan plastik), indikator 4 (Area lobby merupakan area bebas rokok.), indikator 7 (Registration form yang digunakan yakni menggunakan kertas recycle), indikator 10 (Straw yang digunakan berbahan stainless steel pada minuman), indikator 11 (Front office menyiapkan welcome drink menggunakan bahan local dan organic), indikator 12 (Kebersihan area lobby dengan berkurangnya sampah plastic), indikator 14 (Lobby hotel merupakan area terbuka), indikator 15 (Area lobby dijumpai tanaman hijau), indikator 16 (Gelas welcome drink yang digunakan merupakan gelas kaca).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Bidang Sosial Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Gede Brama Reno Ganggas |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 03:46 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 03:46 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1085 |
Actions (login required)
View Item |