Implementasi Social Media Influencer Instagram dalam Meningkatkan Brand Image Courtyard By Marriott Bali Seminyak Resort

Setiawan, I Gede Ardana (2024) Implementasi Social Media Influencer Instagram dalam Meningkatkan Brand Image Courtyard By Marriott Bali Seminyak Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2015834084_0031126285_0005099306_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2015834084_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2015834084_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial adalah salah satu digital marketing yang saat ini digunakan untuk melakukan promosi. Salah satu promosi yang efektif saat ini adalah menggunakan social media influencer instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan pengaruh social media influencer instagram dalam meningkatkan brand image Courtyard by Marriott Bali Seminyak Resort. Metode pengumpulan data meliputi observasi lapangan, penyebaran kuesioner, wawancara dengan Marketing Communication Manager dan dokumentasi. Populasi penelitian ini merupakan pengguna instagram yang mengikuti media sosial instagram social media influencer dan Courtyard by Marriott Bali Seminyak Resort, dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi social media influencer instagram memiliki hubungan yang kuat dengan uji korelasi sederhana sebesar 0.750, serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Koefisien determinasi sebesar 0.562 menunjukkan bahwa implementasi social media influencer instagram berkontribusi sebesar 56,2% dalam meningkatkan brand image di Courtyard by Marriott Bali Seminyak Resort, sementara 43,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti word of mouth, social media marketing, kepuasan pelanggan, pengaruh harga, dan kualitas produk. Courtyard by Marriott Bali Seminyak Resort disarankan untuk terus meningkatkan kerjasama dengan social media influencer instagram namun perlu adanya peningkatan signifikan pada pengaruh (power). Selain media sosial instagram, disarankan juga untuk bekerja sama dengan social media influencer di platform lain seperti TikTok dan YouTube.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: digital marketing, media sosial instagram, social media influencer, brand image
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Gede Ardana Setiawan
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:47
Last Modified: 13 Aug 2024 06:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10872

Actions (login required)

View Item View Item