Antari, Ni Putu Yulia and Hariyanti, Ni Kadek Dessy and Waciko, Kadek Jemmy (2022) PROSES PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI KARYAWAN PADA HOTEL THE HAVEN SUITES BALI BERAWA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411-1915713057_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_63411_191571057_0001127603_0012048102_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten dalam bidangnya masing-masing, terutama pada era globalisasi, sumber daya manusia yang dimaksud yaitu karyawan. Dalam suatu perushaaan karyawan merupakan perencana, pelaku serta penentu dalam terwujudnya tujuan perusahaan, untuk mencapai hal tersebut berbagai upaya untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja karyawannya. Seperti halnya hotel The Haven Suites Bali Berawa yang mengutamakan kualitas pelayanan yang diberikan kepada tamu. Namun dalam pelaksanaannya tidak dipungkiri bahwa masih ada tamu yang complaint terhadap pelayanan yang diberikan oleh karyawan seperti tamu yang merasa kurang puas terhadap pelayanan pada saat check-in dan check-out, kebersihan kamar dan area yang belum maksimal penyajian pesanan tamu yang terkesan lama diantarkan serta compliant terhadap kebersihan peralatan makanan dan minuman yang. Dengan permasalahan yang ada maka human resources department mengambil langkah untuk melaksanakan pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan yang berfokus pada karyawan yang berada di bagian operasional dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada tamu. Dalam mendukung terlaksanananya pelatihan dan pengembangan tersebut maka perlu diperhatikanya mengenai pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan yang diterapkan pada Hotel The Haven Suites Bali Berawa guna mendukung tercapainya tujuan bersama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi yang digunakan yaitu observasi secara langsung proses pelaksanaan pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan di hotel The Haven Suites Bli Berawa dan metode wawancara dengan human resources serta department terkait, dilengkapi dengan dokumentasi sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil penulisan ini menunjukkan bahwa hotel The Haven Suites Bali Berawa memiliki standar dalam memberikan pelayanan kepada tamunya maka untuk mengatasi terjadinya complaint penerapan pelaksanaan pelatihan dan pengembangan kompetensi diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan ke tamu. Kata Kunci: Proses Pelaksanaan Pelatihan Dan Pengembangan Kopetensi Karyawan Pada Hotel The Haven Suites Bali Berawa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Putu Yulia Antari |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 00:24 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 00:24 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
View Item |