Jumadi, Muhamad (2024) Penerapan Layanan Digital Pos dalam Mendukung Inisiasi Green Hotel di Rascals Hotel Kuta Lombok. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 6 dan Referensi)
RAMA_93103_2215885017_0020096606_0019096606_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93103_2215885017_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_93103_2215885017_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan bisnis perhotelan yang semakin kompetitif terus memaksa pelaku bisnis perhotelan meningkatkan kualitas pelayanan untuk menghadapi persaingan dan digitalisasi. Meskipun penggunaan teknologi dapat mengurangi biaya operasional dan merangsang efisiensi energi serta mengurangi pencemaran lingkungan dalam industri pariwisata, Namun belum ada model layanan digital yang teritegrasi dengan konsep green hotel. Tujuan penelitian ini untuk eksplorasi penggunaan teknologi digital dan menemukan model integrasinya dengan konsep green hotel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang terkumpul disajikan dalam teks dan dianalisis dengan melakukan kondensasi data, dibantu oleh tabel pengkodean. Temuan penelitian menggambarkan proses adaptasi teknologi dan implikasinya terhadap green hotel dalam konteks operasional hotel. Ada dua hal utama yang menunjang adaptasi penggunaan teknologi yaitu faktor pendorong yang menjadi alasan utama untuk mengguanakan teknologi; dan sistem teknologi yang digunakan dalam layanan. Layanan digital mampu mengurangi ketergantungan pada material printing yang berkontribusi pada pengurangan limbah kertas yang pada akhirnya berkontribusi pada pembentukan citra green hotel yang lebih kuat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan digital, point of sales, green hotel, Lombok |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis |
Depositing User: | Muhamad Jumadi |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:38 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:38 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11200 |
Actions (login required)
View Item |