Peranan Customer Service dalam Handling Complain dan Special Needs di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

Setiawan, Komang Adi Tri (2024) Peranan Customer Service dalam Handling Complain dan Special Needs di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713137_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2115713137_0001127603_8995750022_part..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Dalam pelayanan customer service di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai terdapat sebuah kepuasan penumpang yang menurun. Disebabkan oleh adanya banyaknya keluhan penumpang dikarenakan Standar Operational Prosedur (SOP) dan cara pelayanan customer service di bandara yang kurang memuaskan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peranan customer service dalam handling complain dan special needs di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan customer service dalam handling complain dan special needs di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengambilan data dilakukan 14 Agustus 2023 – 14 Februari 2024 di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh langsung oleh peneliti di lapangan melalui responden dengan cara observasi dan wawancara dan data sekunder yaitu data tambahan yang ikut mendukung masalah penelitian. Dapat dikatakan bahwa SOP di pelayanan customer service belum dapat dikatakan baik dikarenakan masi banyaknya keluhan yang diberikan kepada penumpang dan tidak adanya SOP kepada penumpang yang menggunakan jasa special needs service yang sering membuat salah paham antara penumpang,customer service, dan airline. Oleh karena itu SOP diperlukan untuk meminimalisir keluhan penumpang dan kesalahpahaman penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: customer service, pelayanan prima, special needs
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Komang Adi Tri Setiawan
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:32
Last Modified: 22 Aug 2024 07:32
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item