Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar menggunakan Aplikasi Srikandi pada Kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar

Mahendra, I Gusti Ngurah Surya (2024) Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar menggunakan Aplikasi Srikandi pada Kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713136_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2115713136_0012086106_0019096406_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Surat merupakan sarana komunikasi yang dapat memuat rahasia dan informasi yang diketahui penerima surat. Surat sebagai salah satu sumber informasi yang membutuhkan suatu sistem penanganan yang sistematis sehingga menciptakan efektivitas dan efisiensi organisasi. Kegiatan surat menyurat memiliki peranan yang penting dalam kelancaran pelaksanaan komunikasi suatu perusahaan atau instansi. Dalam kegiatan ini perusahaan harus memperhatikan penanganan surat dengan baik dan tepat sesuai dengan SOP yang berlaku. Namun pada kenyataanya penanganan surat baik itu surat masuk ataupun surat keluar yang dilakukan secara online menggunakan aplikasi Srikandi belum berjalan secara optimal dikarenakan para pegawai belum mengerti jelas dalam penggunaan aplikasi tersebut. Oleh sebab itu maka diperlukan memberikan edukasi kepada para pegawai. Pokok permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penanganan Surat masuk dan Surat Keluar Menggunakan Aplikasi Srikandi pada Kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar serta apa sajakah keunggulan dan kelemahan dalam penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar Menggunaan Aplikasi Srikandi pada Kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar. Metode analisis yang penulis gunakan adalah Jenis Data Kualitatif yang dapat memberikan gambaran umum tentang latar penelitian. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, dan Studi Kepustakaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data secara Deskriptif Kualitatif yaitu menjelaskan dan memaparkan suatu informasi yang terjadi saat ini. Luaran yang diharapkan dalam penelitian ini agar penanganan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan aplikasi Srikandi bisa berjalan secara optimal bertujuan untuk memperlancar proses kegiatan administrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penanganan surat masuk dan surat keluar, aplikasi srikandi, BBMKG Wilayah III
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Kesekretariatan
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: I Gusti Ngurah Surya Mahendra
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:02
Last Modified: 23 Aug 2024 01:02
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item