Febriyanti, Ni Kadek Putri Liana (2024) Penanganan Pemesanan Kamar melalui Online Travel Agent Oleh Bagian Reservasi di Hilton Bali Resort Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713003_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2115713003_0031126360_0013069202_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penanganan pemesanan kamar pada suatu usaha pariwisata khususnya hotel sangat diperlukan dalam proses penanganan pemesanan kamar melalui online travel agent yang menyediakan berbagai jenis layanan promosi yang mudah diakses oleh tamu dengan harga yang terjangkau dan masuk secara otomatis pada sistem hotel oleh bagian reservasi perlu diperhatikan dengan teliti agar tidak terjadi hal – hal yang tidak sesuai. Penelitian ini terdapat dua pokok masalah yaitu Bagaimana penaganan pemesanan kamar melalui online travel agent oleh bagian reservasi di Hilton Bali Resort Nusa Dua? dan Apa saja kendala serta hambatan yang ditemukan dalam penanganan pemesanan kamar melalui online travel agent oleh bagian reservasi di Hilton Bali Resort Nusa Dua?. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui pengamatan (observation), wawancara mendalam (indepth interview), dan studi dokumen dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan penelitian ini menyatakan bahwa penanganan pemesanan kamar melalui online travel agent oleh bagian reservasi di Hilton Bali Resort Nusa Dua masih terdapat kendala – kendala oleh petugas reservasi contohnya ketidaksesuain data atau tidak tercatat pemesanan tamu yang masuk pada sistem opera dengan laman online travel agent tersebut, seperti tidak adanya konfirmasi bila tamu ingin membatalkan pemesanan, rate yang lebih kecil di sistem hotel sehingga adanya selisih, perubahan sistem permbayaran tamu yang tidak terubah di sistem hotel, kemudian permintaan tamu yang tidak terpenuhi pada saat kedatangan tetapi sudah meminta special request pada detail pemesanan, dan lain sebagainya. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah peningkatan dalam komunikasi pada saat melakukan penanganan pemesanan kamar di Hilton Bali Resort Nusa Dua untuk menghindari timbulnya masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | handling, online travel agent, reservation |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Kadek Putri Liana Febriyanti |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 01:05 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 01:05 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11371 |
Actions (login required)
View Item |