Implementasi Customer Relationship Management melalui Sbec Loyalty Program untuk Membangun Loyalitas Pelanggan di Swiss-Belcourt Lombok

Kurniawan, Edi (2024) Implementasi Customer Relationship Management melalui Sbec Loyalty Program untuk Membangun Loyalitas Pelanggan di Swiss-Belcourt Lombok. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2315854054_0015096308_0001056408_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2315854054_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2315854054_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah mengkaji mengenai Aktivitas Pelanggan Relationship Management (CRM) Swiss-Belcourt Hotel Lombok. Hal ini bertujuan untuk membangun minat konsumen terhadap Swiss-Belcourt Lombok dengan sebuah program ke anggotaan yang tidak didapat dari hotel lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan pengumpulan data menggunakan observasi partisipan dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Triangulasi data sebagai keabsahan datanya. Hasil Penelitian ini menunjukkan pertama, Swiss-Belcourt Lombok sudah melakukan implementasi strategi CRM mulai dari konsumen yang belum loyal, Swiss-Belcourt Lombok membuat konsumen yang tidak memiliki perhatian dari pihak hotel menjadi konsumen yang memiliki hubungan dan loyal dengan pihak hotel, yang dalam penelitian ini adalah Swiss-Belcourt Lombok. Kedua, Swiss-Belcourt Hotel Lombok membagi tiga strategi CRM dengan dispesialisasikan sesuai jenis konsumennya, yaitu individu, korporat, dan Biro perjalanan. Ketiga, Konsumen merasa lebih loyal dan lebih baik dalam melakukan transaksi dengan hotel yang dapat memberikan kepuasan dan komunikasi yang dekat dengannya konsumen. Penerapan CRM diharapkan dapat membuat pihak hotel memenuhi kebutuhan konsumen seperti yang mereka inginkan dan membuat konsumen tersebut setia sehingga terbangun loyalitas pelanggan dengan Swiss-Belcourt Lombok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, SBEC loyalty program, loyalitas pelanggan
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Edi Kurniawan
Date Deposited: 24 Aug 2024 03:19
Last Modified: 24 Aug 2024 03:19
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item View Item