Putra, Wayan Krisna Ananda (2024) Pelayanan A'la Carte Lunch oleh Pramusaji di Pool Bar And Beach Lounge Grand Hyatt Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2115823179_0811119001_0023036309_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2115823179_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan A'la Carte Lunch oleh Pramusaji di Pool Bar And Beach Lounge Grand Hyatt Bali.Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan A'la Carte Lunch oleh Pramusaji di Pool Bar And Beach Lounge Grand Hyatt Bali.Pool Bar and Beach Lounge memiliki kegiatan pokok yaitu memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada tamu yang berkunjung ke restoran tersebut. Alasan tamu berkunjung ke Pool Bar And Beach Lounge tersebut adalah selain memesan makanan dan minuman yang nikmat, tamu juga mengharapkan pelayanan yang baik dan memuaskan, maka dari itu usaha restoran harus mampu memberikan kesan yang sangat baik kepada tamu yang datang ke restoran tersebut, mulai dari menikmati hidangan yang dipesan sampai dengan dengan tamu meninggalkan restoran. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan nyaman kepada tamu sehingga tamu merasa puas dan ingin kembali berkunjung ke restoran tersebut. adapun beberapa tahapan dalam pelayanan A'la Carte Lunch oleh Pramusaji di Pool Bar And Beach Lounge Grand Hyatt Bali yaitu: 1. tahap persiapan Tahap Persiapan dibagi menjadi dua yaitu tahap persiapan diri dan tahap persiapan area kerja. Dalam tahap persiapan seorang pramusaji harus memperhatikan kebersihan diri dari ujung rambut hingga ujung kaki, sedangkan tahap area kerja terdapat beberapa hal yang harus dikerjakan, antara lain: set-up nomor table, menata menu food and beverage, dan mempersiapkan roll napkin 2. tahap pelaksanaan Tahap Pelaksanaan, terdiri atas: welcoming the guest, presenting the food and drink list, taking order, repeat the order, input order pada system, serving drink order, serving food order, ask guests about the completeness of the food, asking for taste the food, presenting the bill, say thank you to the guest. 3. tahap akhir Tahap Akhir merupakan tahap kegiatan menutup restoran, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang pramusaji pada tahap kegiatan menutup restoran, yaitu: melakukan clear up, membersihkan dan menata meja kembali, membersihkan side stand, melakukan polishing, mengumpulkan napkin, mematikan lampu. Berdasarkan dari pembahasan yang telah diuraikan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Pelayanan A’la Carte Lunch oleh Pramusaji Di Pool Bar and Beach Lounge Grand Hyat bali memiliki tiga tahapan yaitu : tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelayanan a'la carte, lunch pool bar, Grand Hyatt Bali |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Wayan Krisna Ananda Putra |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:07 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11571 |
Actions (login required)
View Item |