Strategi Peningkatan Kepatuhan Peserta Segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) Melalui Komunikasi Pemasaran di Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Denpasar

Prashanti, Ni Ketut Nita (2024) Strategi Peningkatan Kepatuhan Peserta Segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) Melalui Komunikasi Pemasaran di Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713064_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2115713064_0010106108_0015097405_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB)

Abstract

Pembentukan jaminan kesehatan telah menjadi tanggung jawab dan kewajiban bagi negara untuk memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat,pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada BPJS Kesehatan sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti,Manfaat yang diperoleh badan usaha dengan mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Kesehatan adalah terhindar dari sanksi administartif yang dapat merugikan badan usaha karena izin usaha akan dicabut, tidak diijinkanya badan usaha untuk mengikuti tender suatu proyek dan tidak dapat mempekerjakan tenaga asing. Dari hasil observasi yang dilakukan di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar, mendapatkan bahwa mengenai masalah yang sering dihadapi terhadap kepesertaan BPJS PPU antara lain : a. Pemilik Perusahaan ( pemberi kerja ) tidak memberikan data PPU yang benar, misalnya sebuah pemilik perusahaan memiliki PPU sebanyak 20 orang tetapi pemilik perusahaan tersebut memberikan hanya 15 data PPU saja. Maka hal inilah yang menjadikan data PPU yang tidak sesuai, dan PPU yang tidak terdaftar tentu tidak memiliki dan mendapatkan jaminan kesehatan. b. Pemilik perusahaan (pemberi kerja) sering tidak mendaftarkan dirinya (pemberi kerja), PPU beserta keluarga dari pihak PPU itu sendiri. Rumusan Maslah Bagaimana Strategi Peningkatan Kepatuhan Kepesertaan dalam Pendaftaran Pekerja Penerima Upah (PPU) Melalui Komunikasi Pemasaran di Kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan kepatuhan kepeserta peserta segmen pekerja penerima upah melalui komunikasi pemasaran di kantor BPJS Kesehatan kantor abang Denpasar Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa data yaitu data Deskriptif Kualitatif yaitu menganalisa data dengan mengumpulkan, memaparkan, menganalisis, dan menguraikan keterangan, informasi, dan fakta yang telah dikumpulkan, kemudian dirangkai dengan teori pendukung dan melakukan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi yang digunakan BPJS Kesehatan masih kurang maksimal sehingga masih banyak para pekerja penerima upah atau pemilik badan usaha yang belum paham akan pentingnya asuransi kesehatan atau jaminan kesehatan sehingga pemilik badan usaha tidak mendaftarkan para pekerjanya dan masih ada yang tidak sesuai dengan regulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi, BPJS kesehatan, pekerja penerima upah
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Ketut Nita Prashanti
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:46
Last Modified: 27 Aug 2024 05:46
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item