Efektivitas Penerapan E-Commerce Melalui Website terhadap Hunian Kamar di The Trans Resort Bali

Kusuma, I Gede Made Branartha and Mataram, I Gusti Agung Bagus and Puspita, Ni Putu Lianda Ayu (2022) Efektivitas Penerapan E-Commerce Melalui Website terhadap Hunian Kamar di The Trans Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834141_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834141_0002076007_0008089105_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (859kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di The Trans Resort Bali yang berlokasi di Sunset Road, Badung, Bali. Permasalahan di dalam penelitian ini yaitu untuk mencari tahu efektivitas penerapan e-commerce melalui website terhadap hunian kamar di The Trans Resort Bali. Pen-golahan data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 25 for Windows dan juga Microsoft Excel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah menghi-tung tingkat efektivitas, lalu mencari validitas, realibilitas, mencari faktor yang paling berpengaruh dan yang tidak begitu berpengaruh, dan juga memaparkan hasil wawancara. Rasio efektivitas selama 3 tahun terakhir dari tahun 2019-2021 memiliki rata-rata sebesar 82,22% yang artinya efektif. Variabel dengan rata-rata terendah adalah website The Trans Resort Bali memiliki panel navigasi sebagai mesin pencari untuk menemukan informasi di dalam website dengan skor 4,45 dan variabel yang paling tinggi adalah Desain Tampilan Website The Trans Resort Bali Menarik dan Memenuhi Kebutuhan Anda dengan skor 4,83. Kinerja website terhadap hunian kamar dikatakan sudah efektif namun belum maksimal karena masih banyak yang memesan melalui direct booking, sekitar 70% tamu yang memesan kamar melalui direct booking via WA ataupun email berasal dari website, jadi dapat dikatakan belum maksimal khususnya dalam mem-bantu tim pada The Trans Resort Bali karena yang seharusnya dapat memotong pekerjaan pemesanan seperti melayani konsultasi kamar via online dan juga mem-follow up pembayaran jadinya tim The Trans Resort Bali harus mengerjakan pekerjaan tersebut karena tidak langsung memesan melalui website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Gede Made Branartha Kusuma
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:40
Last Modified: 18 Sep 2022 13:37
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item