Wibawa, I Wayan Adi Satriya (2024) Pelayanan Metode Remote Check-in Kepada FIT Guest oleh Cliff Lounge Agent di The Apurva Kempinski Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2115823088_0811119001_0825128901_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (739kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2115823088_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Executive Cliff Lounge merupakan tempat eksklusif yang diperuntukan kepada tamu dengan tipe kamar suite. Pelayanan yang diberikan Cliff Lounge Agent atau CLA harus merupakan pelayanan yang terbaik untuk mencapai tingkat kepuasan tamu suite. Ada berbagai jenis tamu yang dilayani di Executive Cliff Lounge, mulai dari tamu yang berlibur ataupun tamu yang datang untuk perjalanan bisnis, salah satu jenis tamu yang ada di Executive Cliff Lounge adalah tamu FIT (Free Individual Traveler) guest, jenis tamu ini salah satu yang berbeda dari jenis tamu yang lainnya dikarenakan FIT guest tidak memesan kamar melalui Travel Agent melainkan memesan kamar bertipe suite langsung dari website The Apurva Kempinski Bali yang membuat jenis tamu ini mendapatkan benefit yang lebih banyak daripada jenis tamu lainnya. Pelayanan yang diberikan di Executive Cliff Lounge meliputi proses check-in, check-out, breakfast, afternoon tea, dan evening cocktail. Executive Cliff Lounge memiliki dua front desk sehingga pelayanan chec- in dilakukan dengan menerapkan metode remote check-in. Metode remote check-in merupakan metode check-in yang dapat dilakukan di mana saja di area Executive Cliff Lounge yang tidak harus dilakukan di front desk. Remote check-in diterapkan untuk menghindari dan mengurangi komplain dari tamu karena menunggu lama ketika melakukan proses check-in, dikarenakan sebelum adanya metode remote check-in ini proses check-in di Executive Cliff Lounge masih mengunakan metode counter check-in yang membuat proses check-in menjadi lebih lama. Saat melakukan metode counter check-in tamu harus duduk didepan front desk dan itu menyebabkan antrian check-in menjadi lebih lama dikarenakan satu computer saat itu hanya bisa melakukan check-in dengan satu tamu saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | remote check-in, FIT guest, cliff lounge agent, front office |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Wayan Adi Satriya Wibawa |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 06:00 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 06:00 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11749 |
Actions (login required)
View Item |