Strategi Pemasaran BRILink Dalam Upaya Pencapaian Target Akuisisi Agen Baru Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Denpasar

Sandini, Ni Putu Dewi and Dewi, Nyoman Indah Kusuma and Rahmanu, I Wayan Eka Dian (2022) Strategi Pemasaran BRILink Dalam Upaya Pencapaian Target Akuisisi Agen Baru Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Denpasar. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744033_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (161kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744033_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (385kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah diterapkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Denpasar dan menyusun strategi pemasaran BRILink yang dapat menjadi strategi prioritas dalam upaya pencapaian target akuisisi agen baru. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary), matriks EFAS (External Factor Analysis Summary), matriks IE (Internal-External), matriks SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang telah diterapkan yaitu dengan word of mouth mengadakan gathering untuk berbagi cerita dan pengalaman agen kepada calon agen dan terjun langsung ke lapangan. Hasil penelitian analisis matriks IFAS dan EFAS memperoleh total skor 3,4 menunjukkan bahwa posisi internal perusahaan yang kuat dan perusahaan memiliki strategi yang baik dalam mengantisipasi ancaman eksternal. Hasil pemetaan matriks IE menunjukkan perusahaan berada pada posisi sel I growth menerapkan strategi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal. Hasil matriks SWOT menghasilkan 10 alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Hasil analisis QSPM menunjukkan alternatif strategi terbaik dengan memperluas jaringan kerjasama dengan instansi-instansi baik instansi pemerintah maupun non-pemerintah, lembaga masyarakat dan e-commerce melalui brand image dengan total nilai TAS sebesar 7.85. Implikasi bagi perusahaan dapat mempertimbangkan hasil alternatif strategi untuk menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan. Kata Kunci: Analisis SWOT, QSPM, BRILink, Strategi Pemasaran

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Dewi Sandini
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:30
Last Modified: 29 Sep 2022 00:30
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item