Bastian, Hironimus Yualma Trifoyen (2024) Penanganan Luggage Tamu Check-In oleh Bellman di Hotel The Apurva Kempinski Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2115823054_0031126475_0031126378_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2115823054_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penanganan luggage tamu oleh bellman adalah hal yang dilakukan oleh penulis setiap harinya pada praktek kerja lapangan yang ketiga. Berdasarkan pengalaman selama praktek kerja lapangan, seorang bellman dapat berinteraksi secara langsung dengan tamu. Selain itu, tugas seorang bellman di lapangan khususnya di hotel The Apurva kempinski lebih dari sekedar mengantarkan barang bawaan tamu, yaitu juga mengarahkan tamu, membantu tamu dengan memberikan informasi tentang hotel, dll. Sebagai penunjang hal tersebut, maka bellman harus meningkatkan kualitas diri serta mampu bekerja secara profesional karena sudah menjadi tuntutan pekerjaan. Mengingat pentingnya peran bellman bagi hotel dalam penanganan barang bawaan tamu check-in, maka penulis tertarik mengangkat permasalahan prosedur penanganan barang tamu beserta kendala dan upaya yang dilakukan oleh Bellman di The Apurva Kempinski Bali. Alasan penulis mengambil judul ini adalah karena menurut penulis topik ini menarik diangkat dan banyak prosedur yang bisa dijelaskan. Pengiriman luggage check-in lebih banyak tahap-tahap yang dapat diulas dibandingkan dengan tugas bellman lainya seperti pengiriman luggage check-out, valet service, dan tugas bellman lainya. Terdapat beberapa TA terlebih dahulu seperti “Penanganan barang bawaan tamu di hotel The Apurva Kempinski Bali”, yang ditulis oleh I Wayan Wahyu Ardika. Terdapat persamaan antara TA Wahyu dengan TA penulis, persamaannya yaitu sama-sama dilakukan oleh Bellman section dan dilakukan di hotel yang sama. Sedangkan perbedaannya berupa kegiatan yang difokuskan yaitu pada saat proses pengiriman luggage check-in. TA kedua yang menjadi pembanding yaitu “Penanganan Luggage Untuk Tamu Check-In Oleh Bellman Di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa” yang ditulis oleh Gede Bagas Ardinata. Persamaannya yaitu sama-sama membahas tentang luggage check-in. Untuk perbedaannya yaitu pada hotel dan prosedur dalam pengiriman luggage itu sendiri. Berkaitan dengan latar belakang di atas, maka topik yang menarik untuk diangkat dalam Tugas Akhir dengan judul: “Penanganan luggage tamu check in oleh bellman di The Apurva Kempinski Bali”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penanganan luggage tamu check-in, bellman di hotel, The Apurva Kempinski Bali |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Hironimus Yualma Trifoyen Bastian |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:31 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:31 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11974 |
Actions (login required)
View Item |