Analisis Kecepatan dan Kehandalan Pelayanan Jasa Perawatan dan Perbaikan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Unit Penunjang Akademik Perawatan dan Perbaikan Politeknik Negeri Bali

Pratiwi, Ni Putu Diah (2024) Analisis Kecepatan dan Kehandalan Pelayanan Jasa Perawatan dan Perbaikan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Unit Penunjang Akademik Perawatan dan Perbaikan Politeknik Negeri Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2315764022_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2315764022_0030076308_0031019202_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2315764022_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel kecepatan dan kehandalan pelayanan jasa perawatan dan perbaikan terhadap tingkat kepuasan pelayanan Unit Penunjang Akademik Perawatan dan Perbaikan (UPA-PP) Politeknik Negeri Bali. Fokus utama penelitian adalah mengkaji pengaruh kecepatan dan kehandalan terhadap tingkat kepuasan pelayanan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh pengguna jasa UPA-PP sebanyak 138 orang. Sampel penelitian terdiri dari 103 pengguna jasa UPA-PP yang dipilih melalui probability sampling menggunakan proportionate stratified random sampling dengan rumus Slovin. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis Skala Likert dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kecepatan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelayanan (Y) dengan nilai koefisien sebesar 0,317 dan nilai T hitung 3,237 > T tabel 1,98397 dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05. Dan secara parsial kehandalan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelayanan (Y) dengan nilai koefisien sebesar 0,776 dan nilai T hitung 6,490 > T tabel 1,98397 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Sedangkan, secara simultan variabel kecepatan (X1) dan kehandalan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelayanan (Y) sebesar F hitung 58,567 > F tabel 3,09 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Dari hasil uji variabel dominan diketahui bahwa variabel kehandalan miliki pengaruh dan kontribusi terhadap variabel tingkat kepuasan pelayanan sebesar 0,543. Selain itu, nilai Adjusted R2 sebesar 0,530 yang berarti 53% variabel tingkat kepuasan pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel kecepatan dan kehandalan, sementara sebesar 47% variabel lainnya tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, kehandalan, tingkat kepuasan pelayanan
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Diah Pratiwi
Date Deposited: 29 Aug 2024 12:50
Last Modified: 29 Aug 2024 12:50
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item