Berperan Menjadi Etnografer Guna Meningkatkan Pemahaman dan Kepatuhan Perpajakan Agen Multi Level Marketing (Tiens)

Sari, Ni Kadek Purnama (2024) Berperan Menjadi Etnografer Guna Meningkatkan Pemahaman dan Kepatuhan Perpajakan Agen Multi Level Marketing (Tiens). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654012_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan referensi)
RAMA_62303_2015654012_0810099101_22066108_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (500kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654012_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy

Abstract

Bisnis Multi Level Marketing sangat membantu dalam memulihkan perekonomian yang ada di Indonesia sejak adanya wabah virus covid-19. Korban PHK menjadi seorang entrepreneur melalui bisnis MLM, dan tercatat Bisnis MLM memberikan income ke negara mencapai 16,3 Triliun. Permasalahan untuk penelitian ini adalah tidak dilaporkannya seluruh penghasilan yang diperoleh para anggota MLM yang dimana setiap anggota masing-masing mendapatkan penghasilan dari bonus dan penjualan langsung, akan tetapi penghasilan dari penjualan langsung tidak dilaporkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan WP MLM, mengetahui tingkat pemahaman member MLM dan memberikan langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan kepatuhan member MLM Tiens. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan etnografi. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara tidak terstruktur, instrumen pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman yang memiliki 4 tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan pajak yaitu: latar belakang pendidikan, kepercayaaan terhadap pemerintah, peningkatan kasus korupsi dan kurangnya pemahaman WP MLM terhadap peraturan perpajakan. Tingkat pemahaman WP MLM terbatas pada definisi pajak, jenis-jenis pajak seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB). Pengetahuan yang terbatas ini belum sampai wajib pajak mengetahui mengenai tarif, tata cara perhitungan dan cara pelaporannya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah yang pertama dengan melakukan sosialisasi tentang dasar-dasar perpajakan di tingkat pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Kedua meningkatkan kualitas pelayanan pajak. Ketiga memberikan edukasi melalui dunia digital seperti sosial media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Kepatuhan Perpajakan, Multi Level Marketing
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Ni Kadek Purnama Sari
Date Deposited: 01 Sep 2024 03:29
Last Modified: 01 Sep 2024 03:29
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12209

Actions (login required)

View Item View Item