Analisis Kinerja Keuangan pada PT Gieb Indonesia Tahun 2021-2023

Pratiwi, Ni Kadek Egy (2024) Analisis Kinerja Keuangan pada PT Gieb Indonesia Tahun 2021-2023. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62401_2115613020_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_2115613020_0017076010_0007036104_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (779kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab menurunnya kinerja keuangan pada PT GIEB Indonesia serta mengetahui strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja keuangan PT GIEB Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menganalisis kinerja keuangan pada perusahaan PT GIEB Indonesia menggunakan rasio keuangan yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas dengan sumber data sekunder berupa laporan keuangan yang meliputi laporan posisi keuangan dan laba rugi tahun 2021, 2022 dan 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang ditinjau dari rasio likuiditas dalam kriteria kurang baik. Hal tersebut disebabkan karena aset lancar perusahaan belum cukup untuk menutupi kewajiban lancar. Strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan rasio likuditasnya yaitu beralih dari utang jangka pendek ke utang jangka panjang serta memperbaiki kebijakan dalam penagihan piutang ke customer. Kemudian rasio solvabilitas termasuk ke dalam kriteria kurang baik yang disebabkan karena tingginya tingkat ketergantungan perusahaan dengan hutang untuk memenuhi kegiatan operasionalnya. Strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan rasio solvabilitasnya dengan mengurangi ketergantungan pada pinjaman dengan mencari alternatif pendanaan lain seperti penjualan aset yang tidak produktif. Dan rasio profitabilitas menunjukkan kondisi yang sama, di mana rasio ini menunjukkan kriteria kurang baik. Hal ini disebabkan karena rendahnya laba yang dihasilkan oleh perusahaan. Strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan rasio profitabilitas dengan memfokuskan pada peningkatan pendapatan dengan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Egy Pratiwi
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:42
Last Modified: 05 Sep 2024 06:42
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item