Bakta, Kadek Gerald Manu (2024) Analisi Prinsip 5C dalam Pemberian Kredit untuk Mencegah Kredit Bermasalah pada PT BPD Bali Kantor Cabang Pembantu Marga. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_62401_2115613086_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_2115613086_0024037609_0020036306_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (552kB) |
Abstract
Kegiatan ekonomi sebuah negara tak terpisahkan dari dunia perbankan. Bank adalah suatu badan yang berfungsi sebagai pengambil dan pemberi kredit, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Pembantu Marga juga ikut serta dalam pelayanan pada instansi pemerintah, lingkup usaha, serta masyarakat umum terkait penyediaan kredit. Dalam pemberian kredit tentunya akan muncul risiko seiring dengan perjalanan waktu setelah kredit direalisasikan, bank dihadapkan pada masalah resiko kredit yaitu kredit bermasalah. Kredit bermasalah adalah kredit-kredit yang angsurannnya tidak dibayarkan sesuai dengan apa yang telah diperjanjikan sebelumnya tentang batas waktu pembayaran angsuran kredit. Seperti hal nya yang terjadi pada PT. BPD Bali Cabang Pembantu Marga adalah timbulnya kredit bermasalah.Timbulnya kredit bermasalah ini menjadi perhatian yang sangat serius karena jika jumlah kredit bermasalah dibiarkan terus meningkat maka akan berdampak pada menurunnya laba, yang pada akhirnya akan menurunkan oprasional bank. Dengan munculnya kredit bermasalah di PT BPD Kantor Cabang Pembantu Marga, terdapat beberapa cara untuk mencegah masalah tersebut yaitu dengan melaksanakan prinsip 5C dalam pemberian kredit. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penyebab timbulnya kredit bermasalah dan cara mencegahnya serta dampaknya terhadap kredit bermasalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis dokumen kredit dan wawancara kepada Kasi Bisnis PT. BPD Bali Kantor Cabang pembantu Marga. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan memaksimalkan penerapan prinsip 5C dalam pemberian kredit sesuai dengan standar yang sudah diberikan dapat mencegah kredit bermasalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prinsip 5C, Pemberian Kredit, Kredit Bermasalah |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Tugas Akhir |
Depositing User: | Kadek Gerald Manu Bakta |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 11:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 11:53 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12726 |
Actions (login required)
View Item |