Sistem Informasi Peminjaman Buku di Perpustakaan Sekolah Barunawati Berbasis Web

Sasikirani, Anindira (2024) Sistem Informasi Peminjaman Buku di Perpustakaan Sekolah Barunawati Berbasis Web. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_57401_2115323018_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 4 dan Referensi)
RAMA_57401_2115323018_12026908_0005078702_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Buku Panduan)
Buku_Panduan.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang penggunaan teknologi/sistem informasi untuk perpustakaan di Sekolah Barunawati Jakarta. Website ini dapat membantu petugas perpustakaan dalam melakukan transaksi perpustakaan, karena di Sekolah Barunawati ini masih menggunakan sistem konvensional, yaitu transaksi perpustakaan dilakukan dengan menulis nama peminjam serta data buku yang dipinjam pada buku peminjaman yang ada. Untuk menentukan kategori buku, perpusatakaan Sekolah Barunawati menggunakan acuan Klasifikasi Desimal Dewey atau Dewey Decimal Classification (DDC). Manfaat dari pembuatan sistem informasi perpustakaan berbasis web ini diantaranya dapat menghemat waktu dimana tidak perlu lagi ada pencatatan manual, memudahkan dalam pencarian data buku maupun anggota perpustakaan serta manfaat lainnya. Metode yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah waterfall yang dimana terdapat beberapa tahapan, yaitu Analisis Kebutuhan, Perancangan Sistem, Coding, Pengujian, Evaluasi Program dan Perbaikan Program. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu HTML, CSS, Boostrap, Javascript, MySQL, dan untuk Pengujian menggunakan metode Blackbox. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi perpustakaan berbasis web menggunakan Framework Laravel dengan metode MVC (Model-View-Controller) pada Sekolah Barunwati Jakarta yang dapat menyelesaikan masalah yang ada. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana membangun sistem informasi perpustakaan di Sekolah Barunwati Jakarta sehingga dapat menyajikan informasi yang akurat serta efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem informasi perpustakaan serta untuk mengurangi kesulitan-kesulitan yang terjadi khususnya dalam proses pengelolaan data pada perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Metode Waterfall, Sistem Informasi, Berbasis Web, Klasifikasi Desimal Dewey
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Anindira Sasikirani
Date Deposited: 07 Sep 2024 01:47
Last Modified: 07 Sep 2024 01:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item