Pengaruh Financial Technology, E-Commerce dan Modal Usaha terhadap Pendapatan Wajib Pajak UMKM

Situmorang, Romaida (2024) Pengaruh Financial Technology, E-Commerce dan Modal Usaha terhadap Pendapatan Wajib Pajak UMKM. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654024_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2015654024_0031127508_0021128907_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654024_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

UMKM merupakan sumber penggerak ekonomi negara karena sebagian besar penduduk Indonesia berpenghasilan dari sektor tersebut. Dalam era digital saat ini, financial technology dan e-commerce telah menjadi faktor penting dalam perkembangan ekonomi. Financial technology dapat menjadi solusi alat pembayaran yang mudah dan cepat, e-commerce dapat digunakan sebagai platform untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan, serta modal usaha juga menjadi faktor yang penting menentukan kemampuan UMKM untuk bertahan dan berkembang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan financial technology, e-commerce, dan modal usaha terhadap pendapatan wajib pajak UMKM Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Badung. Pengujian kualitas data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa financial technology dan e-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan wajib pajak UMKM, hal ini didukung dengan teori difusi inovasi yang menjelaskan adanya suatu inovasi yang diperkenalkan kepada masyarakat, mencakup pengenalan teknologi baru seperti financial technology dan e-commerce sebagai perubahan pada cara transaksi pembayaran dan juga penjualan sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan wajib pajak UMKM. Sedangkan modal usaha tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan wajib pajak UMKM, karena walaupun modal digunakan untuk membeli banyak persediaan tetapi tidak disertai besarnya minat konsumen maka bisa mengakibatkan penurunan pendapatan. Namun, secara simultan penggunaan financial technology, e-commerce, dan modal usaha berpengaruh terhadap pendapatan wajib pajak UMKM. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi sumber referensi tambahan bagi penelitian lain yang berkaitan sehingga dapat berkontribusi dalam memperluas pemahaman bahwa adopsi teknologi adalah langkah penting untuk meningkatkan pendapatan UMKM yang tentunya harus didukung dengan modal yang memadai juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Financial Technology, E-Commerce, Modal Usaha, Pendapatan Wajib Pajak UMKM
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Romaida Situmorang
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:39
Last Modified: 06 Sep 2024 03:39
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12784

Actions (login required)

View Item View Item