Ryani, Ni Putu Devina Sukma (2024) Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Hotel BBB. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644068_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 daan Referensi)
RAMA_62301_2015644068_0017036208_0001056409_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644068_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja perusahaan merupakan hal yang sangat penting dilakukan pada perusahaan. Penilaian terhadap kinerja perusahaan dilakukan untuk mengetahui tampilan atau output keadaan perusahaan secara utuh. Industri perhotelan pada pelaksanaan proses bisnisnya melibatkan banyak aspek, membutuhkan penilaian kinerja perusahaan secara menyeluruh. Balanced Scorecard dengan keempat perspektif yang ada didalamnya, dapat memberikan gambaran kinerja perusahaan pada indutri perhotelan secara mendetail. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan berdasarkan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yaitu dengan menggambarkan data yang diperoleh berdasarkan empat perspektif Balanced Scorecard. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan wawancara, dengan instrumen berupa kuesioner. Penelitian ini melibatkan karyawan perusahaan untuk dijadikan responden penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan balanced scorecard dapat memberikan gambaran kinerja perusahaan secara komprehensif dan koheren. Berdasarkan perspektif keuangan, yang diukur dengan rasio keuangan current ratio, debt to total asset, ROA, ROE, dan net profit margin. Rasio keuangan debt to total asset dan ROE Hotel BBB termasuk dalam kategori sehat, sedangkan rasio keuangan current ratio, ROE, dan net profit margin berada pada kategori kurang sehat. Perspektif pelanggan yang diukur berdasarkan tingkat retensi pelanggan dan indeks kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan. Perspektif proses bisnis internal dengan jumlah proses inovasi, operasi, dan perjanjian dengan pihak ketiga menunjukkan hasil yang baik, yang dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pelanggan setiap tahunnya. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berdasarkan tingkat retensi karyawan, pelatihan karyawan, dan kepuasan karyawan menunjukkan bahwa karyawan puas dalam bekerja di Hotel BBB. Berdasarkan keempat perspektif balanced scorecard, kinerja Hotel BBB dapat dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengukuran kinerja perusahaan, balanced scorecard, perhotelan |
Subjects: | Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ni Putu Devina Sukma Ryani |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 13:51 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 13:51 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13023 |
Actions (login required)
View Item |