Wibawa, Made Aristya (2024) Analisis Kerusakan dan Perbaikan pada Sistem Transmisi CVT Motor Honda Vario 125 Tahun 2020. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_21401_2115213006_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_21401_2115213006_0004097802_0004046412_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) merupakan bentuk pengembangan dari sistem transmisi manual, transmisi CVT pada sepeda motor umumnya menggunakan media sabuk karet (v-belt) sebagai penghubung putaran mesin ke roda belakang dan menggunakan pully untuk menggerakan v-belt. Kerusakan yang terjadi pada sistem transmisi CVT disebabkan oleh banyak hal contohnya: kurangnya melakukan perawatan CVT, cara berkendara yang tidak normal, ataupun penggunaan/modifikasi part CVT yang kualitas di bawah standar pabrikan, dan masih banyak lagi. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam pengambilan data ini adalah studi atau analisis kasus dan pengujian, Menurut Lektor di ITS bernama Tony Dwi Susanto yang menulis tentang Metode Penelitian Studi Kasus (2020), studi kasus merupakan sebuah penelitian tentang suatu peristiwa yang sudah terjadi tanpa si peneliti melakukan intervensi apapun. Di dalam studi kasus, penulis tidak menjadi bagian dari konteks objek penelitian, namun penulis mendatangi untuk menginvestigasi, menganalisis, dan mempertimbangkan berbagai faktor dan komponen yang kemungkinan saling mempengaruhi. Dari hasil wawancara ini, penulis mendapatkan data terdapat 2 (dua) permasalahan yang sering terjadi dan paling sering diperbaiki pada Honda Vario 125 tahun 2020 yaitu getaran berlebih saat awal akselerasi dan juga suara tidak normal pada area CVT. Perbaikan terhadap permasalahan getaran berlebih saat awal akselerasi yaitu melakukan pembersihan pada rumah kopling secara berkala dengan rentang jarak 4.000 km dan melakukan modifikasi pada area rumah kopling dengan cara membuat beberapa lubang pada bagian yang akan bergesekan dengan kampas kopling. Perbaikan terhadap permasalahan suara tidak normal pada area transmisi CVT yaitu melakukan penggantian 1 set bearing transmission case dengan bearing tanpa kuningan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerusakan, perbaikan, CVT, Vario 125 |
Subjects: | Ilmu Teknik |
Divisions: | Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir |
Depositing User: | Made Aristya Wibawa |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 10:40 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 10:40 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13048 |
Actions (login required)
View Item |