Penerapan Green Practice oleh Staff Front Office Department untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Hilton Bali Resort

Putra, Ryan Suryadi and Wendri, I Gusti Made and Sudiarta, I Made (2022) Penerapan Green Practice oleh Staff Front Office Department untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Hilton Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834108_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1. Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834108_0023095811_0006126808_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi green practices oleh staff front office department untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Hilton Bali Resort. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pemaparan data-data secara sistematis yang diperoleh selama selama penelitian sehingga dapat menggambarkan situasi atau status masalah dengan jelas dan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert 5 tingkat. Dengan jumlah responden sebesar 8 (delapan) orang dari staff front office department. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi green practices untuk meningkatkan kualitas pelayanan sudah dilakukan secara optimal, tetapi masih ada beberapa yang belum optimal implementasinya yaitu pertama dalam variabel green action pengurangan limbah kertas dan penggunaan kembali kertas. Kedua dalam green food menggunakan peralatan berbahan dasar organik dalam pelayanan welcome drink dan pemberian cool towel yang berbahan dasar linen agar dapat digunakan kembali. Hal tersebut masih perlu ditingkatkan, sehingga perlu adanya usaha dari front office department dan hotel dalam upaya meningkatkan implementasi green practices untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Hilton Bali Resort dengan cara memberikan pelatihan SOP dan melakukan pengawasan terhadap staff.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ryan Suryadi Putra
Date Deposited: 17 Sep 2022 10:38
Last Modified: 17 Sep 2022 10:38
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item