Rancang Bangun Simulasi Sistem Pendingin dengan Metode Pasif pada Sistem Pemanas

Pratama, I Gusti Ngurah Putu Joni (2024) Rancang Bangun Simulasi Sistem Pendingin dengan Metode Pasif pada Sistem Pemanas. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_21401_2115213018_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_21401_2115213018_0024107603_0025086306_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Konsumsi penggunaan bahan bakar fosil terutama minyak bumi dan gas setiap tahunnya bertambah. Berdasarkan hasil survey lembaga riset IEA (International Energy Agency) pada tahun 2015 bahan bakar fosil mencapai angka 97 juta barel per hari, yang mana dalam waktu satu tahun penggunaanya mencapai 35 milliar barel per tahun. Penggunaan bahan bakar minyak secara massal dan terus menerus juga berdampak terhadap lingkungan, salah satu inovasi kendaraan ramah lingkungan yang populer adalah kendaraan listrik. Jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak, kendaraan listrik memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber utamanya. Pengembangan kendaraan listrik masih terkendala oleh terjadinya overheat pada kendaraan listrik, yang diakibatkan oleh kinerja baterai. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pendingin baterai kendaraan listrik dengan pemanfaatan pendinginan pasif yang menggunakan phase change material (PCM) sebagai media pendinginan. Penelitian ini dirancang menggunakan metode experiment, di mana akan dibuat sebuah sistem pendingin baterai dengan PCM. Baterai kendaraan listrik akan diselimuti dengan wadah yang terbuat dari material PCM yang berupa parafin dan TiO₂. Sebelum material komposit PCM digunakan sebagai material pendingin baterai, kandidat PCM yang berupa parafin dan TiO₂ dicampur dengan beberapa variasi campuran dengan tujuan mendapatkan karakteristrik material PCM yang baik digunakan sebagai media pendingin. Dari hasil penelitian yang didapat pemanfaatan PCM sebagai media pendingin baterai dapat memberikan penurunan temperatur baterai yang lebih baik dari pada tanpa menggunakan pendinginan PCM. Penambahan TiO₂ 5% pada parafin dapat menjaga temperatur baterai dibawah 45ºC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendingin baterai, phase change material, pasif, kendaraan listrik
Subjects: Ilmu Teknik
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir
Depositing User: I Gusti Ngurah Putu Joni Pratama
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:51
Last Modified: 09 Sep 2024 01:51
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13407

Actions (login required)

View Item View Item