Analisis Strategi Pemasaran Wisata Winery Tour melalui B2B (Business to Business) pada Sababay Winery Gianyar

Widyaningsih, Ni Putu Kerti (2024) Analisis Strategi Pemasaran Wisata Winery Tour melalui B2B (Business to Business) pada Sababay Winery Gianyar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2015744084_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93308_2015744084_0012067204_0031019202_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744084_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana strategi pemasaran B2B (Business to business) yang digunakan pada Sababay Winery Gianyar dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Metode penentuan sampel dilakukan secara purposive dengan menganalisis strategi bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) yang telah digunakan perusahaan. Penelitian ini selain dianalisis menggunakan desktiptif kualitatif juga menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunanity, Threat), dan Matriks IE. Analisis Swot adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman di lingkungan eksternal maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lingkungan internal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor IFAS 3,05 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 3,10 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dengan cara yang baik dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Pada diagram Cartesius menunjukkan posisi perusahaan dalam keadaan turn around. Pada Matriks IE menurut hasil perhitungan IFAS dan EFAS didapatkan nilai IFAS sebesar 3,05 dan skor untuk hasil EFAS sebesar 3,10. Apabila dikonversikan kedalam gambar Tabel IE Matriks, maka terletak kedalam kotak 1, di mana hasilnya perusahaan masuk kedalam fase growth yang berkonsentrasi melalui integrasi horizontal. Adapun strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kunjungan adalah semakin memperluas kerjasama B2B dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan berupa networking melalui sales call dan business matching dan mengambil peluang dengan meningkatnya minat wisata winery tour.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, B2B business to business, SWOT, wisata wine
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Kerti Widyaningsih
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:07
Last Modified: 06 Sep 2024 10:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item