Metode Pelaksanaan Lapis Tambahan (Overlay) Perkerasan Lentur Pada Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan (Studi Kasus Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan, Ruas Jalan Provinsi, Jalan Gunung Agung-Gunung Sanghyang (Denpasar)

Maharditha, Kadek Putra (2024) Metode Pelaksanaan Lapis Tambahan (Overlay) Perkerasan Lentur Pada Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan (Studi Kasus Proyek Pemeliharaan Berkala Jalan, Ruas Jalan Provinsi, Jalan Gunung Agung-Gunung Sanghyang (Denpasar). Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_22401_2115113019_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22401_2115113019_0026066709_0024067801_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (477kB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur khususnya jalan raya sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian terutama di daerah tertinggal. Di Bali, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pekerjaan Umum telah melakukan pemeliharaan berkala jalan dan drainase di Jalan Gunung Agung-Gunung Sanghyang untuk memperlancar arus lalu lintas dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pelaksanaan lapis AC-BC dan AC-WC pada pekerjaan perkerasan lentur berdasarkan pengamatan di lapangan. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif untuk data yang dapat diukur dan dihitung secara langsung. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan patching jalan menggunakan Hotmix AC-BC melibatkan pembongkaran dengan Cold Milling Machine, pembersihan dengan air jet compressor, dan penghamparan serta pemadatan berlapis menggunakan tandem roller dan pneumatic tired roller. Penghamparan dan pemadatan lapis AC-BC dan AC-WC dilakukan pada suhu 135ᵒ - 150ᵒC dengan dua fase pemadatan menggunakan alat yang sesuai untuk masing-masing lapisan dan ketebalan. Kata kunci: Metode pelaksanaan, proyek pemeliharaan, lapis tambahan, perkerasan lentur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode pelaksanaan, pemeliharaan, lapis tambahan, perkerasan
Subjects: Ilmu Teknik
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D3 Teknik Sipil > Tugas Akhir
Depositing User: Kadek Putra Maharditha
Date Deposited: 12 Sep 2024 10:35
Last Modified: 12 Sep 2024 10:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item