Pengaruh Insentif Pajak, Ketersediaan Infrastruktur, dan Harga BBM terhadap Minat Beli Kendaraan Listrik

Suputra, I Putu Gede Danand Ritha (2024) Pengaruh Insentif Pajak, Ketersediaan Infrastruktur, dan Harga BBM terhadap Minat Beli Kendaraan Listrik. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654041_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2015654041_0008117605_0021128907_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (709kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654041_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menginvestigasi pengaruh insentif pajak, ketersediaan infrastruktur, dan harga bahan bakar minyak (BBM) terhadap minat beli kendaraan listrik di Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan akan perubahan menuju moda transportasi yang lebih eco-friendly dan berkesinambungan. Metode penelitian yang diterapkan adalah survei online dan analisis data kuantitatif. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah, seperti pembebasan atau pengurangan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB), berpengaruh secara signifikan meningkatkan minat beli kendaraan listrik. Meskipun demikian, insentif pajak masih memiliki peran penting dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik. Berdasarkan hasil penelitian, insentif pajak memiliki pengaruh yang signifikan pada minat beli kendaraan listrik. Namun, insentif pajak tetap menjadi salah satu pertimbangan utama bagi konsumen dalam menentukan pembelian kendaraan listrik. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga faktor ini saling berinteraksi dan mempengaruhi minat beli kendaraan listrik. Oleh karena itu, pemerintah harus mempertimbangkan kombinasi dari ketiga faktor ini dalam merancang kebijakan yang lebih efektif untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: insentif pajak, ketersediaan infrastruktur, harga bahan bakar minyak, minat beli kendaraan listrik
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: I Putu Gede Danand Ritha Suputra
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:38
Last Modified: 09 Sep 2024 02:40
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item View Item