Penanganan Uluwatu Suite Room dengan Status Vacant Dirty Menjadi Vacant Clean oleh Room Attendant di Intercontinental Bali Resort

Artha, I Ketut Teja and Sudarmini, Ni Made and Sadguna, I Gde Agus Jaya (2022) Penanganan Uluwatu Suite Room dengan Status Vacant Dirty Menjadi Vacant Clean oleh Room Attendant di Intercontinental Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823141_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 2 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823141_0026056411_0010028504_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dari uraian pembahasan pada bab IV, maka penulis dapat menarik simpulan sebagai berikut: 1.Penanganan Uluwatu Suite Room Dengan Status Vacant Dirty Di InterContinental Bali Resort a.Tahap persiapan awal meliputi: Persiapan diri dan persiapan oprasional, dimana seorang room attendant harus mempersiapkan diri sebelum melakukan pekerjaan dan juga harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan operasional. b.Tahap Pelaksanaan, Setelah semua persiapan sudah siap maka berikutnya penanganan kamar dimulai dengan membawa trolly room attendant dan carry caddy ke depan pintu kamar, kemudian room attendant memasuki kamar tamu, setelah itu room attendant melakukan pengecekan kamar terlebih dahulu, setelah selesai melakukan pengecekan barulah room attendant mulai melakukan pembersihan seperti menata tempat tidur (making bed), membersihkan kamar mandi (bath room), melengkapi lena, membersihkan balcony, vacumming, dusting dan mopping. c.Tahap akhir yaitu: pengecekan terakhir (final checking) bertujuan untuk agar tidak adanya kekurangan baik dalam hal kelengkapan maupun kebersihan kamar. 2.Kendala-kendala yang dihadapi dalam Penanganan Uluwatu Suite Room Dengan Status Vacant Dirty Di InterContinental Bali Resort. a.Kurangnya guest supplies dan guest amenities. Cara mengatasinya yaitu room attendant harus mengambil amenities dan guest supplies pada kamar yang berstatus OO (out of order) terlebih dahulu dan menaruhnya pada kamar yang lebih memerlukan b.Duvet cover ataupun sheet banyak dalam keadaan masih kotor atau rusak. Cara mengatasinya yaitu room attendant harus mengambil duvet cover dan sheet yang baru di pantry dan memberikan tanda pada sheet yang kotor atau rusak. c.Rusaknya vacuum cleaner saat melakukan vacuuming lantai dan carpet. Cara mengatasinya yaitu room attendant harus segera mengambil vacuum cleaner yang lain di pantry, dan vacuum cleaner yang rusak dilaporkan ke pada supervisor agar segera ditangani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Ketut Teja Artha
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:15
Last Modified: 03 Oct 2022 01:15
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item