Pengaruh Leverage, Firm Size dan Institutional Ownership terhadap Keputusan Hedging pada Perusahaan Sektor Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode 2020-2023

Citaningrum, Ni Wayan Ninik (2024) Pengaruh Leverage, Firm Size dan Institutional Ownership terhadap Keputusan Hedging pada Perusahaan Sektor Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode 2020-2023. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644187_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_62301_2015644187_0017047703_0010018605_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (606kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644187_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy

Abstract

Industri consumer goods merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar dalam perekonomian Indonesia, karena terlibat dalam perdagangan internasional melalui ekspor dan impor. Fluktuasi nilai tukar memiliki dampak signifikan terhadap perusahaan yang terlibat dalam transaksi internasional. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari adanya risiko fluktuasi kurs yaitu dengan menerapkan kebijakan hedging, sehingga perusahaan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan dari fluktuasi kurs serta melindungi nilai aset perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, firm size dan institutional ownership terhadap keputusan hedging pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-parisipant. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI sebanyak 94 perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 51 perusahaan yang dijadikan sampel dengan jumlah observasi 204 kali. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi logistik. Pengolahan data menggunakan program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel leverage dan firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan hedging pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2020-2023, sedangkan institutional ownership tidak berpengaruh terhadap keputusan hedging pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2020-2023. Secara simultan, leverage, firm size dan institutional ownership berpengaruh terhadap keputusan hedging pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2020-2023 dengan nilai Nagelkekre’s R Square sebesar 30,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: leverage, firm size, institutional ownership
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Wayan Ninik Citaningrum
Date Deposited: 11 Sep 2024 05:11
Last Modified: 11 Sep 2024 05:11
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item